Dark/Light Mode

Diingatkan LaNyalla, Booster Vaksin Covid Diprioritaskan Buat Nakes

Kamis, 26 Agustus 2021 21:24 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)

 Sebelumnya 
LaNyalla mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) maupun penyelenggara vaksinasi lainnya mengenai ketepatan sasaran vaksinasi. Apalagi, sudah ada pakta integritas mengenai hal ini.

"Kita mendengar banyak daerah mengeluhkan kekosongan stok vaksin. Maka Pemda sebagai pelaksana vaksinasi harus betul-betul bijaksana dalam menentukan sasaran vaksinasi," ucapnya.

Baca juga : Menkominfo Pastikan Semua Vaksin Covid-19 Aman Untuk Masyarakat

Pemberian vaksin Moderna sendiri sudah bisa dilakukan untuk umum atau non nakes. Hanya saja, Moderna diberikan khusus bagi yang belum pernah mendapatkan suntikan dosis pertama dan dosis kedua vaksin Covid-19.

Lementerian Kesehatan (Kesehatan) juga memberikan kriteria bagi penerima vaksin Moderna, mengingat stoknya yang masih terbatas. Vaksin Moderna untuk umum saat ini diprioritaskan kepada ibu hamil, penderita komorbid, dan masyarakat yang memiliki riwayat alergi dan tidak bisa menggunakan vaksin AstraZeneca maupun Sinovac.

Baca juga : Pemerintah Jamin Stok Vaksin Covid Dikelola Transparan

LaNyalla mengatakan, pendistribusian untuk vaksin Moderna harus dioptimalkan sesuai ketentuan. "Pastikan jenis vaksin ini diterima oleh sasaran yang tepat, termasuk vaksin Pfizer yang baru saja masuk Indonesia beberapa hari lalu," tegasnya.

Kemenkes dan Polri pun dimintanya melakukan pemantauan terhadap fasilitas kesehatan yang menawarkan pelayanan pemberian booster vaksin Covid secara berbayar.

Baca juga : DPR Kasih Jempol Buat Menaker

Sebelumnya, beredar flyer promosi dari salah satu faskes yang menawarkan penyuntikan booster vaksin seharga Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu.

"Harus diingatkan kembali, saat ini pemberian vaksin merupakan program pemerintah yang sifatnya gratis atau tidak dipungut biaya," tegas Alumnus Universitas Brawijaya tersebut. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.