Dark/Light Mode

Torehan Medali Emas Tim Cricket Putri Bukti Papua Penuh Bakat

Senin, 27 September 2021 14:41 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengucapkan selamat atas perolehan medali emas pertama yang diraih Tim Cricket Putri Papua nomor supersixes dalam gelaran pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Ini sekaligus menjadi medali perdana yang diraih oleh tim tuan rumah dalam PON XX yang rencananya akan dibuka pada 2 Oktober hingga 12 Oktober 2021. Capaian ini juga menjadi bukti bahwa Tanah Papua penuh dengan bakat-bakat terpendam yang mampu menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi olahraga.

Baca juga : Tak Irit Dana Pemilu Negara Bisa Ambruk

"Saya mengapresiasi capaian Tim Cricket Putri Papua. Ini membuktikan bahwa Papua penuh dengan anak muda berbakat. Potensi ini harus diberdayakan dan dioptimalisasi untuk berkompetisi di level internasional sehingga akan dapat mengharumkan nama bangsa dan negara," ungkap politisi senior Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut, Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini mengingatkan, membangun Tanah Papua tidak cukup hanya dengan membangun instalasi fisik semata. Namun harus membangun kualitas sumber daya manusia secara nyata dan berkelanjutan. Ruang aktualisasi harus diberikan seluas-luasnya sehingga bakat-bakat terpendam tersalurkan dengan baik.

Baca juga : Lestari: Empat Pilar MPR Terbukti Jadi Perekat Bangsa

Menurut Syarief, prestasi Putra/Putri Papua ini sejatinya bukanlah hal yang baru. Putra/Putri Papua kerap meraih juara dalam kompetisi keilmuan seperti Olimpiade Ilmiah Internasional. Ini adalah bukti nyata bahwa anak muda Papua punya segudang prestasi. Hal inilah yang perlu dicermati oleh pemerintah agar memberikan ruang bagi Putra/Putri Papua bekerja dan berkontribusi besar bagi pembangunan.

Eskalasi gerakan separatis Papua Merdeka yang potensial merekrut putra/putri Papua, imbau Syarief, harus dikaji secara cermat oleh pemerintah. Pembangunan sumber daya manusia, ruang aktualisasi bagi Putra/Putri Papua, dan pembinaan kepemudaan secara berkelanjutan adalah hal-hal pokok yang harus dilakukan.

Baca juga : ASABRI Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris 4 Prajurit TNI Yang Gugur Di Papua

"Saya yakin Putra/Putri Papua adalah anak muda yang terpatri Pancasila, UUD 1945, dan NKRI di dadanya. Namun, ini tentu saja meniscayakan peran aktif negara dalam membina dan mengarahkan potensi dan bakat Papua pada hal-hal yang produktif. Kegiatan olahraga adalah salah satu yang bermanfaat dan perlu," tutup Syarief. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.