Dark/Light Mode

Pertemuan Parlemen Dunia Soal SDGs

Puan Ingatkan Pentingnya Rencana Global Akhiri Pandemi

Selasa, 28 September 2021 19:17 WIB
Ketua DPR Puan Maharani dalam pembukaan The First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs bertajuk Mengubah tantangan pandemi Covid-19 menjadi peluang mencapai SDGs, Selasa (28/9). (Foto: Instagram @ketua_dprri)
Ketua DPR Puan Maharani dalam pembukaan The First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs bertajuk Mengubah tantangan pandemi Covid-19 menjadi peluang mencapai SDGs, Selasa (28/9). (Foto: Instagram @ketua_dprri)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR RI dan Inter-Parliamentary Union (IPU) menyelenggarakan pertemuan Parlemen Dunia tentang pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan beberapa hal termasuk mengenai pentingnya rencana global untuk mengakhiri Pandemi Covid-19. Pertemuan parlemen dunia ini digelar secara virtual dari Jakarta selama 3 hari pada 28-30 September 2021 dengan mengundang 179 delegasi parlemen negara-negara anggota IPU.

Baca juga : Puan: Yang Tak Punya HP Pun Berhak Akses Fasilitas Publik

Kegiatan bertujuan menguatkan komitmen, tindakan, dan kerja sama untuk mencapai solusi berkelanjutan di saat kondisi krisis akibat Landemi Covid-19 yang memukul sektor kesehatan, sosial-ekonomi, dan lingkungan.

"Pandemi telah menyebabkan krisis kemanusiaan, lebih dari 124 juta penduduk dunia masuk ke garis kemiskinan dan 131 juta orang terancam kelaparan," kata Puan dalam pembukaan The First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs yang bertajuk Mengubah tantangan pandemi Covid-19 menjadi peluang mencapai SDGs, Selasa (28/9).

Baca juga : Puan Kepakkan Sayap

Menurut Ketua DPR perempuan pertama Indonesia itu, pandemi telah mengubah arah kemajuan pencapaian SDGs tahun 2030 di mana SDGs merupakan komitmen yang disepakati dunia dalam menyediakan peta jalan untuk membawa dunia ke jalur pembangunan berkelanjutan.

SDGs yang disepakati pada tahun 2015 telah memberi panduan bagi berbagai negara untuk mencapai tujuan bersama pada tahun 2030. Dengan panduan SDGs, kata Puan, akan terlihat negara yang on the track kemajuannya, negara yang tertinggal, dan negara yang membutuhkan bantuan masyarakat internasional.

Baca juga : Semoga Harga Jagung Stabil

"Dalam upaya mendorong pencapaian SDGs, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, kita perlu mendorong percepatan pemulihan pandemi. Dunia memerlukan Rencana Global untuk mengakhiri pandemi atau Global Plan to End the Pandemic, termasuk global vaccination road map,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.