Dark/Light Mode

Kenang Sabam Sirait Sebagai Sosok Politisi Berdedikasi

Mahyudin: Beliau Tak Tergantikan

Minggu, 3 Oktober 2021 20:47 WIB
Wakil Ketua DPD Mahyudin menjadi Inspektur Upacara Pelepasan dan Serah Terima jenazah almarhum Sabam Sirait, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (3/10). (Foto: Humas DPD)
Wakil Ketua DPD Mahyudin menjadi Inspektur Upacara Pelepasan dan Serah Terima jenazah almarhum Sabam Sirait, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (3/10). (Foto: Humas DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPD Mahyudin menjadi Inspektur Upacara Pelepasan dan Serah Terima jenazah almarhum Sabam Sirait, anggota DPD asal DKI Jakarta. Upacara itu digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (3/10).

Dalam upacara ini, dilakukan penyerahan almarhum dari keluarga besarnya kepada negara, untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Dalam pidatonya, Mahyudin menyatakan rasa kehilangan dan duka yang mendalam atas wafatnya Sabam Sirait. Di mata Mahyudin, almarhum merupakan figur yang sangat bijaksana, kritis, pengayom, dan teguh memegang prinsip serta tegas dalam bertindak.

Baca juga : Bamsoet Kenang Sosok Sabam Sirait Sebagai Guru Politik Indonesia

Almarhum Sabam Sirait, lanjutnya, merupakan politikus senior dan negarawan sejati yang disiplin menjalankan tugas dan senantiasa melaksanakan fungsinya sebagai wakil rakyat.

"Almarhum adalah sosok politisi tak tergantikan. Ia seperti mosaik hidup bagi sejarah politik Indonesia. Kita semua harus dapat mengambil suri tauladan dari pemikiran, keberanian, dedikasi dan semangat seorang Sabam Sirait," ujar Mahyudin.

Selain dihadiri istri almarhum, dr. Sondang Sidabutar dan keluarga besarnya, upacara itu juga dihadiri Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly, Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, Sekjen DPR Indra Iskandar, serta Sekjen DPD Rahman Hadi, beserta seluruh jajarannya.

Baca juga : PDIP Berduka, Sabam Sirait Sosok Politisi Berintegritas Tinggi

Mahyudin menambahkan, sangat sulit untuk menemukan sosok seperti almarhum. Baik di masa kini, maupun di masa yang akan datang.

"Rekam jejak, reputasi, dan komitmen almarhum terhadap demokrasi negeri ini jelas terukir dalam lembaran sejarah selama tujuh era kepemimpinan nasional, sejak era Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo saat ini," lanjutnya.

Almarhum Sabam Sirait yang meninggal dunia pada hari Rabu 29 September 2021 lalu, lahir di Pulau Simardan, Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Baca juga : Gandeng Asana, PointStar Berikan Solusi Manajemen Pekerjaan

Dia dikenal sebagai sosok politikus yang humanis, egaliter, dan dikenal sangat luwes dalam pergaulan tanpa dibatasi sekat-sekat agama, etnis, dan ideologi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.