Dark/Light Mode

Komisi IX DPR Minta Pemerintah Antisipasi Agar Tak Ada Vaksin Covid Kedaluwarsa

Jumat, 5 November 2021 20:47 WIB
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Rahmad juga meminta Pemda mengambil inisiatif lebih bila memiliki stok vaksin yang sudah hampir kedaluwarsa.

Ia mencontohkan langkah Pemkab Sukoharjo, yang mengalihkan puluhan ribu dosis vaksin AstraZeneca yang akan kedaluwarsa ke daerah lain.

Baca juga : Kapolri Minta Forkopimda Sumut Antisipasi Potensi Lonjakan Covid-19 Saat Nataru

"Pemda harus segera melaporkan apabila ada kendala, baik kepada provinsi maupun pusat. Ketika dinasnya menerima vaksin yang sekian hari akan kedaluwarsa, segera koordinasikan ke daerah mana yang stoknya menipis, dan mereka sanggup menyelesaikan vaksinasi dengan batasan waktu sekian hari menjelang kedaluwarsa," papar Rahmad.

Komisi IX DPR pun memberi apresiasi kepada Pemda yang berperan aktif sehingga program percepatan vaksin dapat berjalan dengan baik. Rahmad mengingatkan, Pemda tidak bisa bekerja sendiri. Kunci kesuksesan vaksinasi adalah koordinasi.

Baca juga : Banggar Minta Pemerintah Pikir Ulang Kenaikan Cukai Tembakau

"Pada intinya, kami mendorong kepada semua pihak untuk saling bekerja sama dan pemerintah segera mencari solusi apabila menemukan masalah. Jangan hanya diam saja," imbaunya.

Tak lupa, Rahmad juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksinasi. "Agar kita bisa segera terbebas dari pandemi," tutup Rahmad. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.