Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hari Santri Nasional

Ketua DPD Minta Pemerintah Lebih Perhatikan Ponpes

Sabtu, 23 Oktober 2021 13:50 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. (Foto: Humas DPD)
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti. (Foto: Humas DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Santri Nasional, Jumat (22/10), dimaknai begitu mendalam oleh Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Dia meminta pemerintah meningkatkan kepedulian terhadap pondok pesantren (ponpes). Soalnya, masih banyak ponpes yang memerlukan perhatian dari segi fasilitas.

Berita Terkait : Duta Santri Nasional Agen Perubahan Bangsa

"Saya mengucapkan selamat Hari Santri Nasional kepada seluruh santri di penjuru negeri. Saya meminta agar pemerintah meningkatkan kolaborasi dengan terus memberikan perhatian kepada kalangan santri dan lembaga-lembaga pondok yang belum dapat berkembang secara maksimal," ujar LaNyalla dalam siaran pers, Sabtu (23/10).

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, Hari Santri Nasional tahun ini diperingati dengan jargon 'Santri Siaga Jiwa dan Raga'. Menurutnya, jargon ini merupakan identitas nasionalisme yang dimiliki para santri di seluruh Indonesia.

Berita Terkait : Ketua KPK Pengen Santri Jadi Pasukan Perang Badar Lawan Korupsi

"Para santri harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia," ucapnya.

Sikap santri yang tertuang di dalam jargon tersebut bukan tanpa alasan. Menurut LaNyalla, sikap ini dimiliki santri sejak zaman sebelum bangsa Indonesia merdeka.

Berita Terkait : Polresta Malang Kota Bagikan Ratusan Paket Sembako Ke 10 Ponpes

"Sikap ini yang mengantarkan kalangan santri dan ulama berjuang mengusir penjajah. Komitmen yang membanggakan ini harus selalu menjadi kekuatan para santri di dalam eksistensinya membangun peradaban bangsa," tegas eks Ketua Umum PSSI ini.
 Selanjutnya