Dewan Pers

Dark/Light Mode

Calon Panglima TNI Berharta 179 Miliar

DPR Tak Mau Usik Kekayaan Andika

Sabtu, 6 Nopember 2021 09:11 WIB
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR. Komisi I DPR memastikan, kekayaan Andika yang dinilai fantastis, tak akan diusik dalam fit and proper test ini.

Menilik elhkpn.kpk.go.id, Andika punya kekayaan mencapai Rp 179 miliar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan Juni 2021. Kekayaan itu terdiri atas harta tidak bergerak berupa 20 bidang tanah yang tersebar di Indonesia hingga luar negeri dengan nilai sekitar Rp 36.164.250.000.

Berita Terkait : Andika Memang Perkasa

Kemudian, harta bergerak berupa 2 unit mobil mewah seharga Rp 2,6 miliar. Lalu, ada surat berharga Rp 2.146.000.000, dan kas atau setara kas lainnya senilai Rp 126.985.922.019. Hebatnya, calon tunggal Panglima TNI yang dikirim Presiden Jokowi ini tercatat tak punya utang.

Nilai kekayaan Andika yang fantastis ini sempat jadi sorotan publik. Tapi, tidak dengan DPR. Anggota Komisi I DPR, Bobby Rizaldi bilang, hampir dapat dipastikan pihaknya tidak membahas kekayaan Andika dalam uji fit and proper test hari ini. Termasuk pajak-pajaknya.

Berita Terkait : Pratikno Ngarep DPR Bisa ACC Secepatnya

"Kami kan bukan kantor pajak, yang verifikasi laporan pajak itu kan kantor pajak," katanya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Lagi pula, lanjut politisi Partai Golkar ini, sudah ada lembaga tersendiri yang bertugas melakukan verifikasi LHKPN untuk penyelenggara negara, termasuk urusan pajak. "Jadi, saya rasa persoalan administratif sudah selesai lah tidak ada pertanyaan mengenai hal itu," lanjutnya.
 Selanjutnya