Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Calon Panglima TNI Berharta 179 Miliar

DPR Tak Mau Usik Kekayaan Andika

Sabtu, 6 November 2021 09:11 WIB
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Yang menjadi fokus DPR dalam fit and proper test antara lain soal target 100 hari pertama Andika jadi Panglima TNI. Lalu bagaimana jebolan Akabri 1987 itu menerjemahkan visi dan misi Presiden. Termasuk bagaimana melanjutkan program di 2022, yang anggarannya sudah selesai diketok Panglima TNI sebelumnya pada Oktober lalu. "Saya rasa seputar itu aja," tandasnya.

Sudah beresnya kelengkapan administrasi Jenderal Andika juga disampaikan Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid. Politisi Partai Beringin itu mengatakan, pihaknya telah merampungkan proses verifikasi berkas calon Panglima TNI ini siang kemarin. Tepatnya pukul 2.

Baca juga : Andika Memang Perkasa

Verifikasi berkas ini adalah syarat sebelum Andika menjalani fit and proper test hari ini. Sejumlah berkas yang diverifikasi itu antara lain data riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, LHKPN, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak, dan Surat Keterangan Bersih Diri/Sehat (SKBD).

"Pimpinan Komisi I dan Kapoksi telah melakukan verifikasi dokumen terhadap Calon Panglima TNI atas nama Andika Perkasa, menyatakan telah lengkap untuk dokumen," kata Meutya, dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Pratikno Ngarep DPR Bisa ACC Secepatnya

Setelah verifikasi dokumen, tahap selanjutnya adalah proses fit and proper test, yang direncanakan akan berlangsung sekitar pukul 10 pagi ini. Lalu, disusul dengan pendalaman lewat RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum), yang akan dihadiri langsung Andika. Baru besoknya, Minggu (7/11) Komisi I DPR akan melakukan verifikasi faktual, dengan mendatangi kediaman Andika.

Seperti diketahui, suami Diah Erwiany dipilih Presiden Jokowi sebagai calon tunggal untuk mengganti posisi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan mengakhiri masa baktinya pada akhir November ini. Good Luck Jenderal! [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.