Dark/Light Mode

Eks Ketum Laskar Jokowi Prediksi Poros Pilpres 2024

Sabtu, 20 November 2021 13:03 WIB
Mantan Ketua Umum Laskar Jokowi, H Mochtar Mohamad
Mantan Ketua Umum Laskar Jokowi, H Mochtar Mohamad

 Sebelumnya 
Ketiga, Poros Cikeas, SBY. Partai Demokrat dangan 54 kursi DPR belum cukup untuk mendapatkan tiket Pilpres. Besar kemungkinan akan menarik partai oposisi lainnya, yakni PKS dengan 50 kursi DPR. Itu pun juga masih belum memenuhi syarat. Sehingga setidaknya membutuhkan satu partai lagi untuk bergabung agar cukup mendapatkan tiket pilpres.

“Besar kemungkinan, Nasdem bisa saja tertarik bergabung dengan poros Cikeas ini. Nama-nama yang muncul dari poros ini bisa jadi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Salim Assegaf, Ahmad Syaikhu dan Anies Baswedan,” bebernya.

Baca juga : Lembaga JSI: Ganjar Dan Puan Berpotensi Jadi Capres 2024

Mochtar menambahkan, partai yang tersisa dan belum terpolarisasi dalam tiga poros ini adalah PKB dengan 58 kursi DPR, PAN dengan 48 kursi DPR dan PPP dengan 19 kursi DPR.

Ketiga partai ini besar kemungkinan akan melihat tren kandidat di tiga poros tersebut. Akan tetapi, bisa saja tercipta poros keempat, karena partai–partai akan memaksakan kadernya untuk nyapres.

Baca juga : Duet Ganjar-Puan, Diyakini Bisa Menang Pilpres 2024

“Partai-partai tersebut akan berebut dampak ekor jas dari partai yang memilki kader dalam pemilihan presiden, yang mana akan berpengaruh terhadap perolehan suara partai tersebut di legislatif,” pungkasnya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.