Dark/Light Mode

Ganjar-Puan Diduet-duetkan

Mega Kasih Restu Nggak Ya?

Selasa, 23 November 2021 08:10 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua DPR, Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Meski yang banyak diusung saat ini dalam deklarasi relawan adalah kader-kader PDIP, tapi lebih baik bantu Pak Jokowi membuat banyak legacy. Ini juga penting untuk mempermudah jalan bagi kepemimpinan yang akan datang,” tandas Hasto.

Hasto kembali mengingatkan, periodesasi jabatan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin masih panjang. Banyak pekerjaan rumah yang harus pemerintah realisasikan. Jangan sampai terlena dengan beragam deklarasi. Karena akan berdampak fatal bagi rakyat. Terlebih, tantangan yang dihadapi para pemimpin masa depan juga tidak mudah.

Baca juga : Putin Sudah Disuntik Vaksin Booster, Katanya Nggak Sakit

Dia menegaskan, saat ini fokus utama Banteng adalah membantu pemerintah mengatasi seluruh dampak pandemi. Mendorong kepemimpinan Indonesia di G20 dan juga persiapan Pemilu 2024 yang hingga kini tahapannya pun belum ditetapkan KPU.

Bagaimana peluangnya jika Ganjar-Puan berduet? Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menduga, Ganjar-Puan sangat berat untuk maju. Apalagi, elektabilitas Puan juga masih rendah. Ditambah keduanya satu partai; PDIP.

Baca juga : Digadang Duet Dengan Ganjar, Puan Solidkan Mesin Banteng Di 2024

“PDIP sentris juga terlalu berat dipaksakan. Partai lain juga tidak akan tertarik masuk koalisi banteng karena posisi Capres dan Cawapres dari banteng,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Pengamat politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno. Dia menilai, pasangan Ganjar-Puan menjadi opsi bagi Ketua Umum PDIP Megawati yang bisa terwujud karena presidential threshold yang sudah terpenuhi.

Baca juga : Ganjar Pranowo Siapkan Skenario Hadapi Libur Nataru

Namun, kata dia, PDIP tetap memerlukan partai lain untuk menambah kekuatan partainya. Terutama partai besar yang juga punya jagoan kuat seperti Gerindra. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.