Dark/Light Mode

PDIP-Gerindra Kian Lengket

Semakin Kuatkah Prabowo-Puan?

Selasa, 30 November 2021 08:59 WIB
Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno juga mengakui kemesraan partainya dengan Gerindra. Menurutnya, hubungan baik dengan Gerindra sudah dirintis dan dijalani sejak Pemilu 2009. Kebersamaan tersebut membangun ikatan emosional yang terus menguat.

“Komunikasi dan relasi antarsahabat selalu berkembang ke arah yang spesifik dan unik,” ujar Hendrawan, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Gimana Kelakuan Nadiem Saat SD, Begini Kata Gurunya

Namun, hingga saat ini PDIP belum bicara soal koalisi dan capres-cawapres untuk Pilpres 2024. PDIP sedang fokus membangun capaian-capaian yang bisa dibanggakan untuk generasi yang akan mendatang.

Apakah duet Prabowo-Puan bakal kejadian? “Politik itu dinamis. Dalam arus dinamika tersebut, semua potensi dan peluang harus dipelihara dan dikapitalisasi,” jawab Hendrawan.

Baca juga : Pertamina Dan PLN Diyakini Bisa Jalankan Arahan Presiden Jokowi Dengan Baik

Guru Besar Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung Prof Asep Warlan Yusuf melihat, sinyal-sinyal yang terjadi belakangan ini memperkuat realisasi duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024. Namun, keputusan tetap berada di tangan Megawati.

“Tiketnya dipegang Ibu Mega. Sehebat apapun tokoh atau partai, semua bagaimana pemegang tiket ini,” ujar Asep, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Generasi Muda Jangan Lupakan Jasa Pahlawan

Hitungan politiknya, duet Prabowo-Puan menang tiga kekuatan politik jika dibandingkan seluruh tokoh politik yang ada. Pertama, masing-masing memiliki kekuatan pimpinan partai. Kedua, secara logistik kuat karena partai papan atas hasil Pemilu 2019. “Terakhir, mereka itu dikenal. Prabowo langganan Pilpres, Puan juga Ketua DPR, siapa yang tidak kenal,” katanya.

Asep berkelakar, jika duet ini berhadapan dengan Ganjar Pranowo, jika dimajukan sebagai Capres partai lain, Prabowo-Puan menang 3-0. Meskipun Ganjar ramai diperbincangkan di bursa Pilpres, namun untuk tiga faktor tadi, Ganjar masih kalah dibanding duet Prabowo-Puan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.