Dark/Light Mode

PSP BERDERMA

GP NasDem Donorkan 7.734 Kantong Darah Dan 513 Kantong Plasma Konvalesen

Jumat, 17 Desember 2021 20:24 WIB
Ketua Umum GP NasDem Prananda Surya Paloh (Foto: Istimewa)
Ketua Umum GP NasDem Prananda Surya Paloh (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garda Pemuda NasDem (GP NasDem) kembali menggelar kegiatan Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Plasma Jilid (PSP BERDERMA). PSP BERDERMA II sukses mengumpulkan 6.639 pendonor, yang 84 persen di antaranya berhasil menyalurkan sebanyak 5.559 kantong darah. Dari 5.559 total donor tersebut, pendonor darah biasa sejumlah 5.283 serta pendonor plasma konvalesen sejumlah 276.

Kegiatan PSP BERDERMA II ini bertujuan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan masyarakat Indonesia, khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma. Sejak pandemi Covid 19 melanda, terjadi penurunan jumlah pendonor darah yang signifikan, sedangkan kebutuhan akan donor darah tetap tinggi. Secara total, keseluruhan dengan hasil yang diberikan PSP BERDERMA I, GP NasDem telah berkontribusi mengumpulkan 7.734 kantong darah biasa dan 513 kantong plasma konvalesen.

Baca juga : MNC Peduli Dan PMI Serukan Gerakan Donor Plasma Konvalesen

Dalam pelaksanaannya, DPP GP NasDem mengarahkan seluruh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) di seluruh Indonesia untuk menggelar PSP BERDERMA II serentak se-Indonesia. PSP BERDERMA II ini merupakan kelanjutan PSP BERDERMA I yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, 17 Agustus lalu. 

Guna memberikan apresiasi lebih kepada para DPW, diselenggarakan PSP BERDERMA Award II yang diberikan kepada para kader dengan kinerja-kinerja terbaik dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga : Legislator PDIP Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

“Di tengah absensi peran kepemudaan, GP NasDem hadir melalui PSP BERDERMA sebagai bentuk misi kemanusiaan, untuk kemanusiaan, dan demi kemanusiaan,” ujar Ketua Umum GP NasDem Prananda Surya Paloh, saat membuka kegiatan PSP BERDERMA Award II, seperti keterangan yang diterima redaksi, Jumat (17/12).

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, dari catatan PMI, GP NasDem menjadi satu-satunya organisasi kepemudaan yang sukses mendonorkan plasma konvalesen. “Maka dari itu, penghargaan ini kami berikan untuk menstimulasi DPW-DPW agar lebih giat lagi bergerak membantu masyarakat Indonesia,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.