Dark/Light Mode

Survei SPIN: Kian Tak Terkejar, Elektabilitas Prabowo Konsisten Teratas

Senin, 14 Februari 2022 15:05 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset Survei & Polling Indonesia (SPIN) kembali merilis hasil surveinya untuk memotret seperti apa konstelasi sosial politik di kalangan masyarakat dewasa ini.

Salah satunya, tentang potensi tokoh-tokoh nasional dalam bursa Pilpres 2024 mendatang. Hasilnya, mayoritas masyarakat memilih Prabowo Subianto sebagai Presiden jika pemilu dilaksanakan nanti.

"Sebagian besar publik atau sebesar 24,5 persen memilih Prabowo sebagai calon Presiden," ujar Igor dalam rilis surveinya, Senin (14/2). 

Baca juga : Survei SPIN, Rakyat Puas Kinerja Pemerintah, Prabowo Dianggap Cocok Lanjutkan Pemerintahan Mendatang

Selanjutnya di bawah Prabowo, ada nama Anies Baswedan yang hanya mendapat 13,6 persen dan Ganjar Pranowo sebesar 12,8 persen. Posisi selanjutnya di tempati berturut-turut oleh Ridwan Kamil (6,1 persen), AHY (4,4 persen), Sandiaga Uno (4,1 persen), dan Puan Maharani (3,0 persen).

Lalu, Tri Rismaharini dan Khofifah berbagi persentase yang sama (1,6 persen). Posisi ke-10 ditempati Erick Thohir (1,5 persen), disusul Airlangga Hartarto (1,3 persen) dan seterusnya. Sementara ada 20,4 persen publik yang masih belum menentukan pilihannya.

Kenapa elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di puncak tangga survei? Sebabnya, konsistensi dan fokus kinerja Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu dalam menjalankan tugas-tugas negara.

Baca juga : Sahabat Ganjar Cek Elektabilitas Ganjar Pranowo Jelang Pilpres 2024

"Karena konsistensi fokus kerjanya sebagai menteri pertahanan di pemerintahan yang secara konkret dapat disaksikan dan didengar oleh publik luas dari beragam saluran media penuh dengan prestasi," tuturnya.

Di sisi lain, peran mesin partai juga tak kalah ikut andil di dalam mendongkrak penilaian publik terhadap sosok Prabowo Subianto.

Dukungan solid dari Partai Gerindra, mulai dari bawah hingga di atas untuk mendapuk kembali Ketumnya sebagai calon Presiden di 2024 juga sangat jelas terdengar oleh publik. Sehingga, pilihan publik mayoritas jatuh ke Prabowo.

Baca juga : Survei KedaiKOPI: Jika Hari Ini Pilpres Dilaksanakan, Prabowo Pasti Menang

"Kepastian Ini juga yang membuat elektabilitas prabowo kokoh dipuncak elektabilitas. Hingga hari ini belum ada peristiwa yang berarti yang mampu mendegradasi posisinya di hati rakyat," beber Igor.

Kemudian, di samping itu pula saat ini semakin banyaknya deklarasi-deklarasi dukungan dari kelompok masyarakat, baik secara sendiri dan berpasangan, juga dapat menjadi indikator bahwa publik mengetahui dan mengharapkan beliau menjadi Presiden 2024.

Sementara Ganjar mengalami penurunan elektabilitas dari survei periode Desember 2021 lalu. Hal ini, diduga terjadi karena peristiwa yang terjadi di desa Wadas, Purworejo Jawa Tengah yang viral di media mainstream dan medsos. Kesempatan ini mendorong Anies kembali ke posisi ke-2 setelah Prabowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.