Dark/Light Mode

Survei SPIN: Kian Tak Terkejar, Elektabilitas Prabowo Konsisten Teratas

Senin, 14 Februari 2022 15:05 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara soal pandangan publik terhadap partai politik, sebanyak 19,1 persen masih menjatuhkan pilihannya kepada PDIP jika pemilu 2019 diadakan hari ini. sementara posisi ke-2 masih ditempati Gerindra dengan perolehan persentase keterpilihan sebesar 15,6 persen.

Untuk posisi ke-3 ditempati oleh Golkar 10,9 persen, diikuti oleh PKB 6,3 persen, PKS 6,0 persen, NasDem 4,9 persen, PPP 1,9 persen, PAN 1,3 persen. Untuk PSI, PBB, Hanura, PKPI, Perindo dan Partai Berkarya masing berada di interval 1,0 persen hingga 0,1 persen.

Baca juga : Survei SPIN, Rakyat Puas Kinerja Pemerintah, Prabowo Dianggap Cocok Lanjutkan Pemerintahan Mendatang

Demikian juga halnya dengan partai-partai baru yang akan menjadi peserta pemilu 2024 bila lulus persyaratan kepesertaan.

"Kesempatan untuk meraih suara lebih besar lagi masih sangat terbuka lebar karena masih ada 26,0 persen publik yang belum menentukan pilihannya," tandas Igor. 

Baca juga : Sahabat Ganjar Cek Elektabilitas Ganjar Pranowo Jelang Pilpres 2024

Survei ini dilakukan oleh SPIN pada tanggal 31 Januari-11 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan cara tatap muka dibantu lembaran kuesioner.

Survei ini juga menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan Margin of Error (MoE) kurang lebih 2,8 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.