Dark/Light Mode

Disebut Partai Anti Korupsi Sama Emak-emak Di Jatim

PKS Pede Raup Suara Di Kandang Nahdliyin

Minggu, 27 Februari 2022 08:15 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Kurniasih Mufidayati. (Foto: Dok. Fraksi PKS DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Kurniasih Mufidayati. (Foto: Dok. Fraksi PKS DPR)

 Sebelumnya 
Survei ini dilakukan dilakukan di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur sejak 1-10 Februari 2022, dengan jumlah responden sebanyak 1.070, dan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Sementara margin of error kurang lebih 3 persen, serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. PKS berada di posisi pertama dengan perolehan 12,9 persen sebagai partai yang terbersih dan antikorupsi versi emak-emak Jawa Timur.

Garap Milenial

Baca juga : PKS Dianggap Paling Antikorupsi Oleh Emak-emak Jatim

Di luar survei ini, DPW PKS Jawa Timur juga tak hanya merangkul emak-emak, juga menyasar generasi milenial untuk menghadapi Pemilu 2024 dengan menggaetnya menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) PKS, Selasa (15/2). Deklarasi ini dihadiri Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan.

Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Jawa Timur Dian Heri menyampaikan, sudah ada 40 bacaleg milenial yang dideklarasikan. Deklarasi ini telah disebarluaskan untuk merayu pemuda-pemudi di Jawa Timur yang ingin berjuang bersama PKS.

“Ada beberapa program yang kita sesuaikan dengan minat dan bakat anak-anak muda. Dari mulai entrepreuner, sekolah politik ada program PKS Muda Mendunia, PKS Muda Bangun Desa, dan banyak lagi,” ujarnya.

Baca juga : Perkuat Pemberantasan Korupsi, KPK Rekrut 61 Jaksa Di Bidang Penindakan

Irwan Setiawan menyampaikan, data sensus tahun 2020 menunjukkan bahwa struktur penduduk di Jawa Timur yang berjumlah 40 juta didominasi generasi Z, yaitu penduduk yang lahir pada 1997 hingga 2012 atau saat ini berusia 8 sampai 23 tahun, sebesar 24,80 persen.

Selain itu, generasi milenial yang lahir dalam kurun waktu 1981-1996, atau saat ini berusia 24 sampai 39 tahun, sebesar 24,32 persen.

“Jika caleg di Jawa Timur ada 1.902 orang, 30 persennya harus caleg muda, maka harus ada 570 anak muda yang siap menjadi calon pejuang di parlemen,” ujarnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.