Dark/Light Mode

PDIP Siapkan Kadernya Untuk Calon Menteri

Sabtu, 22 Juni 2019 08:08 WIB
Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng.
Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng.

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP tengah menyiapkan kader terbaiknya jika sewaktu-waktu dimintas Presiden Jokowi menjadi menteri. Kini nama-nama yang dianggap memenuhi syarat tengah digodok. 

Hal itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada wartawan di Yogyakarta, kemarin. Namun, Hasto enggan menyebutkan siapa aja nama-nama yang masuk radar partai sebagai calon pembantu presiden. 

Baca juga : Jangan Percaya Calo Mas!

“PDIP melalui Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri akan mempersiapkan juga kaderkader untuk sekiranya diminta oleh Presiden masuk di dalam jajaran kabinet,” ujarnya. 

Kini partai, disebut Hasto tengah menggodok sejumlah nama kader yang dianggap memenuhi kriteria untuk membantu presiden terpilih. “Masih perlu waktu. Menyusun menteri itu tidak boleh sembarangan, menyusul menteri itu harus melalui kontemplasi, melalui dialog, tidak untuk dikelola dengan cara sembarangan. Tapi harus dengan hati-hati, dengan seksama,” sebutnya. 

Baca juga : MK Tegaskan Hanya Tunduk Pada Konstitusi

Hasto pun tak mau berandaiandai. Menurutnya, pembentukan kabinet termasuk siapa saja yang akan mengisinya adalah hak prerogatif Presiden.“Tentu saja itu menjadi hak prerogatif dari Presiden,” ungkapnya. 

Hasto mengatakan, memilih seorang menteri bukanlah pekerjaan mudah. Sebab, calon menteri harus memahami kabinet yang akan dipimpinnya. Pun calon menteri tersebut harus bisa mengimplementasikan kebijakan presiden. 

Baca juga : Pertamina EP Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Samarinda

“Dia harus menjadi benteng dari Presiden Jokowi sama Kiai Ma’ruf untuk menjalankan tugas-tugas yang tidak ringan. Dia harus kuat secara ideologis, setia pada jalan Pancasila, pada NKRI, kebhinekaan Indonesia, dan juga memegang teguh konstitusi,” tuturnya. [MHS/NET]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.