Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ziarah Ke Tebuireng, Prabowo: Gus Dur Pemimpin Visioner

Rabu, 4 Mei 2022 19:35 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Waketum Gerindra KH. Irfan Yusuf Hasyim berziarah ke makam Gus Dur dan pendiri Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5). (Foto: Istimewa)
Ketum Gerindra Prabowo Subianto didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Waketum Gerindra KH. Irfan Yusuf Hasyim berziarah ke makam Gus Dur dan pendiri Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan silaturahmi Idul Fitri di Jawa Timur. Kali ini, didampingi sejumlah elit partai, sang ketum mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (4/5).

Kedatangan Prabowo disambut hangat di pesantren ini. Setibanya di lokasi, Menteri Pertahanan itu disambut langsung oleh pimpinan Ponpes Tebuireng, KH. Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

"Selamat datang Pak Prabowo, selamat lebaran minal aidzin walfaidzin Pak Prabowo," ujar Gus Kikin dibalas Prabowo. "Mohon maaf lahir batin Gus."

Baca juga : Kunjungi Ponpes Tebuireng, Prabowo Kenang Masa-masa Jadi Tukang Pijat Gus Dur

Selanjutnya, Prabowo dan Gus Kikin menggelar pertemuan secara tertutup. Usai pertemuan, Prabowo bersama rombongan di antaranya Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Waketum Gerindra KH. Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan) didampingi Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy'ari dan makam Presiden ke-4, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi Lebaran dengan sahabat sahabat lama saya. Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," ujar Prabowo.

Kedatangan Prabowo ternyata menarik perhatian sejumlah santri dan warga sekitar. Prabowo pun tak sungkan menerima ajakan berfoto dengan warga yang hadir. Wartawan yang hadir bertanya ke Prabowo tentang sosok Gus Dur di mata Menteri Pertahanan itu dan seberapa dekat dengan presiden ke-4 itu.

Baca juga : Lebaran Ke Khofifah, Prabowo Dikupasin Nanas

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijat beliau. Dan saya kira, saya dengan almarhum sangat dekat ya," kenangnya.

Kedekatan Prabowo dengan Gus Dur memang sudah banyak diketahui publik. Hal yang paling diingat terkait pandangan Gus Dur terhadap sosok Prabowo yaitu soal pernyataan Gus Dur yang menyebut Prabowo adalah orang yang paling ikhlas.

"Kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu Prabowo. Ya banyak lah (hal) yang menunjukkan betapa dia ikhlas betul kepada rakyat Indonesia," ucap Gus Dur dalam acara satu jam lebih dekat di TvOne, di kanal Youtube TvOne.

Baca juga : Di Markas Ganjar, Puan Sentil Pemimpin Rajin Main Medsos

Tak hanya itu, Gus Dur juga pernah berucap bahwa Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Gus Irfan yang juga salah satu cucu Hadratussyeikh Hasyim Asy'ari.

"Saya mengutip ucapannya Gus Dur, beliau pernah mengatakan Pak Prabowo jadi presiden di usia tua. Insyaallah 2024," ungkap Gus Irfan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.