Dark/Light Mode

Dapil V Provinsi Jateng

Di Kandang Banteng, Puan Akan Melenggang

Rabu, 19 Desember 2018 10:46 WIB
Puan Maharani (kiri) caleg dari PDIP, Bambang Riyanto (tengah) caleg dari partai Gerindra, dan Betrand Antolin (kanan), caleg dari partai Nasdem.
Puan Maharani (kiri) caleg dari PDIP, Bambang Riyanto (tengah) caleg dari partai Gerindra, dan Betrand Antolin (kanan), caleg dari partai Nasdem.

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah bisa jadi neraka bagi caleg-caleg non PDIP. Seluruh wilayah ini merupakan kandang banteng. Caleg non PDIP harus kerja keras.

Berdasarkan data KPU, Dapil V Jateng diikuti 99 caleg. Mereka akan memperebutkan jatah 8 kursi DPR. Merujuk hasil Pilkada 2015, dapil dengan cakupan Kabupaten Boyolali, Klateng, Sukoharjo dan Kota Surakarta ini layak disebut ‘kandang banteng’ alias basis PDIP. Sebab, seluruh pilkada dimenangkan calon kepala daerah dari kader PDIP.

Baca juga : Gerindra Melawan, Tidak Jiper Di Kandang Banteng

Di Kabupaten Boyolali, kepala daerah terpilih Seno Samdoro adalah kader PDIP. Begitu pula Pilkada Klaten dimenangkan paslon dari PDIP Sri Hartini-SriMulyani, Pilkada Sukoharjo juaranya Wardojo Wijaya dari PDIP. Tidak hanya itu, Pilkada Kota Surakarta dimenangkan kader banteng, FX Hadi Rudyatmo.

Pertarungan di Pileg 2019, PDI Perjuangan menurunkanputri sulung Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini didapuk di nomor urut wahid. Caleg nomor urut di bawah Puan tidak kalah gahar karena diisi petahana Aria Bima, Alfia Reziani dan Rahmad Handoyo.

Baca juga : Waketum PPP Dilawan Mantan Menteri

PDIP juga menurunkan Ketua Umum Pagar Nusa; Muhammad Nabil Haeron dan caleg cantik Winnie Ayu Lestari. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau berspekulasi.Partai besutan Muhaimin Iskandar ini kembali menjagokan petahana Mohammad Toha. Anggota Komisi III DPR ini ditopang caleg dari pengusaha UMKM Sigit Marwanta. Tak mau kalah, Partai Gerindra menurunkan petahana Bambang Riyanto. Anggota Komisi VII DPR ini terkenal cukup vokal membahas masalah-masalah sosial. Dia pernah menjabat Bupati Sukoharjo periode 2000-2010.

Partai Golkar pun menerjunkan petahana Endang Srikarti Handayani untuk mendulang suara. Endang ditemani caleg petahana lainnya Eko Sarjono Putro dan dosenUniversitas Bina l Nusantara, Agustian Budi Prasetya. PKS jagokan petahana Abdul Kharis Alamsyah. Dan PAN juga munculkan incumbent Mohammad Hatta.

Baca juga : Pengusaha Kain Pel Lawan Artis Cantik

Sementara, Partai Nasdem berharap kepada calegnya, seorang artis Bertrand Antolin untuk bisa meraih kursi di dapil ini. Persaingan ketat di Dapil V Provinsi Jateng ini diakui caleg petahana dari Partai Gerindra, Bambang Riyanto.

Bambang mengakui, untuk bisa menang di dapil ini butuh kerja keras. Sebab, empat wilayah pemilihannya merupakan basis PDIP. “Iya, di dapil ini ada Puan, Mas Ario, dan segala macam. Tentu, ini dibutuhkan kerja keras,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.