Dark/Light Mode

Silatnas KIB Dan Manuver NasDem

Indikasi Munculnya Tiga Poros Politik

Rabu, 8 Juni 2022 07:35 WIB
Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro. (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah peristiwa politik belakangan ini memunculkan spekulasi, bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) bakal diikuti tiga pasangan calon (Paslon). Makin solidnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), hingga manuver pertemuan petinggi Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan Partai Demokrat, menjadi sinyal pembagian kekuatan poros politik semakin jelas.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menganalisa, Silaturahmi Nasional (Silatnas) KIB yang digelar Minggu (5/6) dengan mengundang Ketua Kelompok Relawan Projo yang selama ini solid melabuhkan dukungan kepada Jokowi, menjadi sinyal pertama.

Baca juga : Jokowi Restui Relawannya Bangun Komunikasi Politik

“Pertemuan ini menimbulkan segudang pertanyaan di tengah kehadiran Ganjar Pranowo di acara Projo bersama Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Naga-naganya, KIB akan jadi poros tersendiri dan mendukung Ganjar,” kata Agung kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sinyal kedua, tak berselang lama di hari yang sama, NasDem dan Demokrat melangsungkan pertemuan yang dihadiri Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga : Imin Sepi Peminat

Menurutnya, publik sulit tidak mengaitkan kedua peristiwa politik dengan dinamika koalisi jelang Pemilu 2024. Kedua pertemuan sama-sama semakin mengerucutkan calon yang didukung.

Di poros NasDem, ada beberapa nama yang sempat mengemuka mulai Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Andika Perkasa, Erick Thohir dan Rahmat Gobel. Skenario ini akan semakin jelas saat keputusan akhir soal Capres akan dieksekusi pada Rakernas NasDem pekan depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.