Dark/Light Mode

Nggak Yakin Ganjar Dan Anies Diusung Partai

Elektabilitas Elit Parpol Terdongkrak

Senin, 20 Juni 2022 13:55 WIB
Peneliti LSP Indra Nuryadin. (Foto: Zoom)
Peneliti LSP Indra Nuryadin. (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Prabowo, juga menempati urutan pertama sebagai capres dengan popularitas dan likeabilitas tertinggi. Popularitas Prabowo sebesar 95,1 persen, sementara likeabilitasnya 74,5 persen.

Indra menyebut, meski semua tokoh memiliki popularitas dan likeabilitas yang tinggi, namun hasil survei ini tetap dipuncaki oleh Prabowo.

Baca juga : Survei LSP: Elektabilitas Elit Parpol Menguat, Prabowo Dan Puan Paling Fenomenal

"Hal ini wajar, mengingat kiprahnya dalam politik nasional dalam kurun waktu 13 tahun terakhir setelah reformasi dan keberhasilannya dalam memimpin Kemenhan dan diplomasi pertahanannya dalam kancah internasional," tuturnya.

Kemudian, posisi kedua, ditempati Anies Baswedan (popularitas 87,7 persen dan likeabilitas 57,7 persen), lalu disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (popularitas 87,8 persen dan likeabilitas 57,4 persen).

Baca juga : Kartu Prakerja Dipuji Jokowi, Elektabilitas Airlangga Bisa Meroket

Di bawah Kang Emil, bertengger Ganjar Pranowo (popularitas 87,7 persen dan likeabilitas 55,7 persen), AHY (popularitas 86,1 persen dan likeabilitas 55,1 persen), dan calon- calon lain yang berlatar jabatan publik lainnya.

Survei dilaksanakan pada 29 Mei-9 Juni 2022 dengan jumlah sampel 1230 responden, dengan margin of error 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Elektabilitas Banteng Terancam Terganggu

Sampel merupakan penduduk yang berusia 17 tahun ke atas dan disebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.