Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakernas PDIP Cair Dan Guyub, Puan: Partai Harus Solid

Rabu, 22 Juni 2022 08:00 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/IG
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021 oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berlangsung cair dan guyub. Suasana kekeluargaan juga sangat kental, sebagaimana Presiden Jokowi santai berbicara di ruang kerja Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan, Rakernas II PDIP ini merupakan rapat PDIP pertama yang dihadiri Megawati di masa pandemi Covid-19. 

"Jadi, memang suasana itu sangat kekeluargaan dan tadi sebelum acara dimulai sempat bicara santai dan informal di ruang Ibu Ketum yang memang tidak di-setting," kata Puan menjawab pertanyaan wartawan di Sekolah Partai, Selasa (21/6).

Baca juga : Rakernas NasDem Pilih Anies, Ganjar & Andika Jadi Capres, Paloh Cari Hari Baik

Presiden Jokowi hadir di lokasi rakernas jelang pembukaan. Sebelum memasuki ruang rakernas, Jokowi menemui Megawati yang sudah tiba lebih dahulu dan berada di ruang kerjanya. Puan ikut hadir di sana, bersama Prananda Prabowo. Ada juga Seskab Pramono Anung dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Menurut Puan, pihaknya bersyukur rakernas berjalan baik. "Jadi, arahan ketua umum partai harus solid," kata Puan. 

Puan mengatakan, PDIP fokus memenangkan pemilu dengan agenda pertama menyelesaikan tahapan awal pada 14 Juni yang sudah ditetapkan KPU. Kemudian, PDIP akan mengikuti tahapan verifikasi dan seterusnya. 

Baca juga : Fokus Persiapan Pemilu, Gelora Tak Tertarik Bicara Koalisi

"Dan tentu saja, bagaimana kami harus disiplin menjalankan aturan partai untuk bisa mengikuti semua tahapan pada 14 Februari 2024," kata Puan. 

Selain itu, jajaran pengurus partai juga mendengarkan pandangan dan rencana kegiatan Dewan Perwakilan Luar Negeri PDIP.

Ketua DPP Luar Negeri PDIP Ahmad Basarah dalam waktu dekat akan berkunjung ke Prancis dalam rangka memamerkan foto Bung Karno. Kegiatan itu merupakan kerja sama dengan Wali Kota Paris. 

Baca juga : Relawan GP Prediksi Rakernas PDIP Restui Duet Ganjar Puan di 2024

Tak hanya itu, Puan juga menegaskan, pengurus partai semakin gencar melakukan kegiatan.

"Ya bagaimana kami menjalin komunikasi dan kerja sama dengan partai politik lain, dan bisa menjalankan tahapan pemilu dan memenangkan pemilu ke depannya," jelas Puan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.