Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk Nominasi Pengganti Tjahjo

Ganjar Mulai Disayang Banteng

Selasa, 5 Juli 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di bandara. (Foto: Twitter Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di bandara. (Foto: Twitter Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usaha Ganjar Pranowo menyentuh hati Megawati Soekarnoputri membuahkan hasil. Gubernur Jawa Tengah itu, kini makin disayang banteng. Buktinya, Ganjar masuk nominasi pengganti mendiang Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Hubungan Ganjar dengan PDIP awalnya agak renggang. Ganjar dinilai sangat ambisius menjadi capres. Padahal, untuk urusan capres ada di tangan ketua umum; Megawati. Selain itu, PDIP juga lebih sreg majukan Puan Maharani. Beberapa kali, Ganjar tidak diundang acara PDIP Jawa Tengah. Bahkan, elite PDIP banyak yang menyerangnya.

Merasa dirinya dikucilkan PDIP, Ganjar pun mulai mendekat ke kandang banteng lagi. Misalnya, dia ikut hadiri rakernas partai dan ikut mengikuti sekolah partai. Tidak sampai disitu, Ganjar juga menyentuh hati Megawati dengan menggelar haul Bung Karno dengan menggelar pengajian dan konser. Terakhir, juga memamerkan sawah bergambar Bung Karno.

Baca juga : Masih Suasana Duka Ngomongin Pengganti Tjahjo, Nggak Elok Ah!

Kerja keras Ganjar ini membuahkan hasil. Dia dan PDIP mulai dekat lagi. Bahkan, namanya masuk salah satu yang akan dipilih menggantikan Tjahjo di kursi Menpan RB. Karena Tjahjo merupakan kader PDIP, maka penggantinya diyakini akan dari PDIP juga.

Nama Ganjar disebut oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat saat ditanya wartawan soal pengganti Tjahjo. Djarot mengatakan, partainya punya banyak stok pengganti Tjahjo. Ada dari fungsionaris PDIP, anggota legislatif, hingga kepala daerah. Kandidatnya pun berkualitas semua.

“Dari kepala daerah ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey," kata Djarot, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ribuan Kiyai Dan Santri Sumsel Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Di kepengurusan DPP PDIP, nama Sekjen Hasto Kristiyanto juga punya peluang. Di legislatif, paling menguat sosok Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. “Artinya apa? Kita banyak stok," tambah mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, Djarot menegaskan, pengganti Tjahjo ada di tangan Presiden Jokowi. Djarot mengingatkan untuk tidak meragukan kualitas kader PDIP. Pengalaman dalam mengurusi tata kelola pemerintahan yang dimiliki kader banteng sudah ngelotok.

"Kalau kamu tanya apakah PDIP ada kader? Banyak, banyak," tegas Anggota Komisi IV DPR itu.

Baca juga : Bamsoet: Keberanian Tjahjo Dalam Berjuang Demi Bangsa Sangat Besar

Lalu siapa yang akan menggantikan Tjahjo? Djarot mengatakan, Jokowi yang lebih tahu kriteria sosok calon pembantunya. Yang jelas, Megawati sepenuh hati mendukung yang menjadi keputusan presiden dalam menentukan kerangka kabinet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.