Dark/Light Mode

Masuk Nominasi Pengganti Tjahjo

Ganjar Mulai Disayang Banteng

Selasa, 5 Juli 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di bandara. (Foto: Twitter Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di bandara. (Foto: Twitter Ganjar)

 Sebelumnya 
Penyebutan nama Ganjar sebagai kandidat pengganti Tjahjo dinilai Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan, tidak mengagetkan. Ganjar memang kader istimewa banteng. Faktanya, dua periode banteng memuluskan langkah Ganjar menjadi orang nomor wahid di Jateng.

"Lho, kalau tidak disayang PDIP, masa sampai jadi gubernur Jateng dari PDIP dua periode. Ya, Pak Ganjar salah satu kader penting PDIP," tukas Kacung, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, kemarin.

Sementara, Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research and Consulting, Saidiman Ahmad menilai, PDIP masih dibayang-bayangi sosok Ganjar. Artinya, banteng masih berharap banyak dengan mantan anggota dewan itu.

Baca juga : Masih Suasana Duka Ngomongin Pengganti Tjahjo, Nggak Elok Ah!

"Bagaimanapun, sampai sekarang, kader PDIP yang paling potensial melanjutkan kepemimpinan PDIP di eksekutif pasca Jokowi adalah Ganjar Pranowo," pungkas Saidiman.

Terkait siapa yang cocok menggantikan Tjahjo, Pengamat Politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo mengaku, Ganjar memang paling cocok. Karena pekerjaan Menpan RB mirip-mirip dengan kepala daerah. "Ganjar kan kepala daerah, artinya punya pengalaman memimpin birokrasi. Namun, saya pikir masih ada opsi lain yang dipertimbangkan," tutup dia

Belum Ada Pembicaraan

Baca juga : Ribuan Kiyai Dan Santri Sumsel Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Terpisah, Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, belum ada pembicaraan pengganti Tjahjo di koalisi karena masih dalam suasana duka. “Jadi agak kurang elok membicarakan mengenai tersebut," ujar Airlangga.

Menurut Menko Perekonomian itu, siapa yang akan menjadi Menpan RB merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. "Semua kewenangan Bapak Presiden," kata Airlangga.

Menko Hukum dan HAM, Mahfud MD haqul yakin, Jokowi sudah mengantongi nama pengganti Tjahjo. “Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa,” sebut Mahfud, yang juga Menpan RB ad interim itu.

Baca juga : Bamsoet: Keberanian Tjahjo Dalam Berjuang Demi Bangsa Sangat Besar

Menurut dia, Jokowi mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih figur yang tepat menjadi menteri. “Oleh sebab itu, saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Pak Tjahjo Kumolo,” terang Mahfud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.