Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Disuruh Baca Hasil Rakernas Di Depan Mega

Ganjar Seperti Disetrap Di Kandangnya Sendiri

Jumat, 24 Juni 2022 06:45 WIB
Ganjar Pranowo menunduk ke Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani sesudah memberikan naskah rekomendasi eksternal saat Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, kemarin. (ANTARA FOTO)
Ganjar Pranowo menunduk ke Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani sesudah memberikan naskah rekomendasi eksternal saat Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, kemarin. (ANTARA FOTO)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakernas II PDIP yang kemarin resmi ditutup, seperti ajang ospek bagi Ganjar Pranowo. Di acara pembukaan rakernas, Ganjar dibuat mengkeret lewat pidato Ketum PDIP, Megawati soal pencapresan. Sedangkan di acara penutupan, Ganjar malah disuruh baca hasil rakernas yang berisi soal pencapresan adalah hak mutlak Megawati. Gubernur Jawa Tengah itu pun kesannya sedang disetrap di kandangnya sendiri.

Permintaan Ganjar untuk membacakan hasil rakernas disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Awalnya, Hasto yang membacakan rekomendasi itu. Namun, politisi asal Yogyakarta itu hanya membacakan satu poin dari tujuh poin rekomendasi yang dihasilkan. Ia lalu menunjuk Ganjar untuk melanjutkan membacakan rekomendasi.

Baca juga : Merdeka Belajar Terkendala Internet

“Untuk rekomendasi selanjutnya, berkaitan dengan ideologi Pancasila, sistem politik, dan pemilu, kami minta Bapak Ganjar Pranowo untuk ke depan membacakan rekomendasi,” kata Hasto.

Begitu namanya disebut, Ganjar langsung berdiri dari tempat duduknya dan maju ke depan. Sebelum naik ke mimbar, Ganjar memberikan hormat kepada Megawati, Ketua DPP Bidang Politik Puan Maharani, dan Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo yang duduk di barisan depan.

Baca juga : Gerard Pique Mau Ditendang

Di atas mimbar, Ganjar kembali memberikan hormat kepada Mega, Puan, Prananda Prabowo, dan Hasto. “Ibu, izinkan saya membacakan secara langsung rekomendasi rakernas kedua PDIP terkait ideologi Pancasila,” kata Ganjar. Mega lalu menganggukkan kepala seraya tersenyum tipis.

Ganjar lalu membacakan rekomendasi itu dengan suara lantang dan tegas. Satu per satu kesimpulan rakernas dibacakan. Saat membacakan poin keempat, ruangan yang awalnya tenang, mendadak riuh. Rekomendasi poin keempat itu berkaitan dengan keputusan pencapresan yang berada di tangan Megawati sesuai dengan mandat kongres.

Baca juga : Lawan Madura United, Pesut Etam Nggak Sabar Beraksi Di Kandang Sendiri

“Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024, berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai profesor doktor honoris causa Megawati Soekarnoputri,” kata Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.