Dark/Light Mode

Survei LANSKAP: Prabowo Subianto Lebih Mentereng Di Jateng Dan Jatim

Senin, 18 Juli 2022 12:31 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto saat ini masih digadang-gadang menjadi salah satu sosok potensial sebagai calon presiden alias capres 2024.

Bahkan, untuk keterkenalan atau popularitas, nama Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut masih menduduki grafik teratas di berbagai lembaga survei. Salah satunya, hasil survei dari Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP).

Direktur Eksekutif LANSKAP Mochammad Thoha mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan di Jawa Tengah (Jateng), nama Prabowo konsisten berada di tangga teratas ketimbang nama-nama 23 tokoh nasional lainnya, termasuk nama Ganjar Pranowo sekalipun.

"Temuan di Jateng menunjukkan tingkat popularitas tertinggi lima besar ditempati Prabowo di posisi pertama yang kemudian diikuti berturut-turut oleh Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Anies Baswedan, BTP alias Ahok, dan para tokoh lainnya," kata Thoha dalam rilis surveinya, Senin (18/7).

"Sementara tokoh/Ketum parpol penghuni dasar tingkat popularitas yaitu, Ahmad Syaikhu (PKS), Zulkifli Hasan (PAN) dan Suharso Monoarfa (PPP)," imbuhnya.

Nama Ganjar Pranowo berada persis di bawah Prabowo atau menempati tangga popularitas nomor dua. Hal ini menurut Thoha sangat wajar, lantaran latar belakang kader PDIP tersebut sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga : Survei SPIN, Prabowo Dianggap Mampu Hentikan Polarisasi Di Masyarakat

"Ganjar mampu tampil di posisi kedua karena berlatar Gubernur Jateng," tuturnya.

Sementara untuk Jawa Timur, lagi-lagi survei menunjukkan bahwa nama Prabowo masih menjadi sosok yang paling dikenal oleh publik di sana.

"Temuan di Jatim menunjukkan tingkat popularitas tertinggi lima besar ditempati Prabowo, Sandiaga Uno, Khofifah Anies, dan Tri Rismaharini alias Risma. Ganjar yang gubernur Jateng dan sangat populer di Jateng menempati posisi keenam di Jatim," paparnya.

Khofifah sendiri, dapat menempati posisi ke tiga karena latarnya sebagai Gubernur Jatim. Kemudian, Tri Rismaharini bisa masuk di lima besar karena merupakan mantan Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial (Mensos) yang populer dengan beberapa aksinya.

Berikut adalah data survei LANSKAP dalam memotret tingkat popularitas 23 tokoh di benak masyarakat Jawa Tengah:

1. Prabowo Subianto (95,8 persen)

Baca juga : Survei PWS: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik

2. Ganjar Pranowo (93,5 persen)

3. Sandiaga Uno (87,5 persen)

4. Anies Baswedan (85,6 persen)

5. Basuki Tjahaja Purnama (82 persen)

6. Ridwan Kamil (80,5 persen)

7. Puan Maharani (80,1 persen)

Baca juga : Prabowo Unggul Jauh Dari Ganjar Dan Anies

8. Sri Mulyani Indrawati (70,2 persen)

9. Mahfud MD (69,1 persen)

10. Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (67,3 persen)
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.