Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyaman Dengan NasDem Dan PKS

Demokrat Kebelet Kawin

Jumat, 22 Juli 2022 08:00 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (Foto: YouTube)
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, kedekatan Demokrat-NasDem untuk memajukan AHY di bursa Pilpres 2024 sempat diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny Kabur Harman. Diakuinya, sudah tiga kali pihaknya bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Dalam tiga kali pertemuan itu, Benny sangat menghargai sikap Surya Paloh yang mengutamakan kesetaraan dalam membangun koalisi. “Berulang kali juga Pak Surya Paloh memotivasi dan mendorong Mas AHY untuk maju dalam Pilpres ini, soal jadi atau tidak itu soal nanti. Yang penting beliau ingatkan, jangan ngoyo, biar seperti air mengalir,” ujar Benny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca juga : Ketua NasDem-Demokrat Di NTB Bakal Dijodohkan

Benny menyebut dirinya menjadi saksi mata ketika Surya Paloh memberi sejumlah motivasi kepada AHY dan juga diskusi keduanya membahas solusi atas berbagai persoalan bangsa. Namun, dua partai ini belum sampai membahas soal siapa yang akan diusung di Pilpres 2024.

Pun, Elite Partai NasDem, Zulfan Lindan, secara pribadi mengusulkan duet Anies-AHY maju di Pilpres 2024. Duet ini, diprediksi bakal memenangi pesta demokrasi mendatang. Seperti diketahui, Anies merupakan satu di antara Capres jagoan NasDem selain Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Baca juga : Depok Ngebet Gabung DKI

“Jadi, hasil penelusuran dengan insting politik dan diskusi-diskusi di daerah-daerah, itu Anies bisa sapu bersih Sumatera. Kemudian kalah di Jawa Tengah, Jawa Barat bisa menang bagi 2 sama Prabowo, Jawa Timur itu ada AHY, kuat itu. Kita tahulah perkembangan terakhir gimana Demokrat di Jawa Timur,” ujar Zulfan.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali menegaskan saat ini partainya belum menyepakati duet Capres-Cawapres 2024. Menurutnya, nama Anies-AHY muncul dari sejumlah lembaga survei yang memasangkan keduanya dalam simulasi Pilpres 2024. Pasangan tersebut, bukan merupakan usulan dan kesepakatan dari Partai NasDem. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.