Dark/Light Mode

Komitmen Lawan Ekstremisme Dan Terorisme

Parpol Senayan Bikin Pancasila Jadi Perisai

Rabu, 3 Agustus 2022 07:59 WIB
Fahmi Alfansi Putra Pane saat diskusi bertajuk Komitmen Partai Politik Dalam Penanggulangan Ekstremisme berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme, Selasa (2/8). (Foto: Facebook)
Fahmi Alfansi Putra Pane saat diskusi bertajuk Komitmen Partai Politik Dalam Penanggulangan Ekstremisme berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme, Selasa (2/8). (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
“Serta aspek politik, pemerintah harus persuasif tapi tegas. Pemerintah harus hati-hati juga berstatment. Supaya tidak dianggap Islamophobia,” sarannya.

Baca juga : Pencegahan Ekstremisme Dan Terorisme Perlu Libatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Pengamat Politik yang juga Dosen FISIP UIN Jakarta, Adi Prayitno mengamini, secara norma tif, komitmen parpol-parpol ter hadap NKRI dan Pancasila jelas tak terbantahkan. Tak ada satupun parpol yang tidak menerjemahkan Pancasila dalam AD/RT-nya.

Baca juga : Literasi Digital Harus Bisa Dorong Pancasila Jadi Living Ideology

Dia mengingatkan, saat ini, terutama sejak Pemilu 2019, ada fenomena, muslim tanpa masjid, tanpa guru dan pesantren. Orang yang tidak belajar agama dengan benar, dengan mudah mengkafirkan dan menyesatkan orang yang berbeda karena perbedaan politik.

Baca juga : Saat Denny Indrayana Dan BW Pasang Badan Bela Mardani Maming Yang Jadi Tersangka KPK

“Ini bibit radikalisme. Berbahaya. Ada klaim kebenaran seolah miliknya. Nah, komitmen parpol terhadap isu ini bagaimana. Itu yang ingin dilihat publik jelang Pemilu 2024. Sebab ada potensi, mobilisasi agama akan jadi sentimen di pemilu mendatang,” pesannya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.