Dark/Light Mode

Elitenya Ribut Soal Dukungan

PAN Ada di Luar atau di Dalam, Sama Saja

Rabu, 17 Juli 2019 08:12 WIB
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (Foto: Istimewa).
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Elite Partai Amanat Nasional (PAN) masih tarik menarik soal arah koalisi pasca pilpres. Sebagian kader menginginkan mendukung Jokowi, ada juga yang ingin berada di luar pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi tidak ambil pusing terkait kemana arah politik partainya. Bagi PAN, di dalam pemerintahan maupun di luar sama-sama mulia.

“Berada di dalam kekuasaan, atau di luar kekuasaan menurut platform PAN sama-sama mulianya asal untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” kata Viva di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Menpar Dukung Pengembangan Wisata Kota Lama Semarang

Viva megatakan, terkait sikap resmi PAN tersebut akan ditentukan dalam rapat kerja nasional (rakernas). PAN adalah partai terbuka yang inklusif menyerap semua ide, gagasan, serta aspirasi.

“Itu bagian dari proses pembelajaran politik di masyarakat semuanya, tetapi nanti akan ditentukan di Rakernas PAN,” ujarnya.

Sekjen PAN Eddy Soeparno sebelumnya juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, apapun program pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang pro rakyat PAN akan senantiasa mendukung.

Baca juga : Kangen-kangenan Sambil Makan Enak

“Tapi ya kalau ada hal-hal yang masih belum pas ya perlu kita luruskan. Kita sampaikan itu secara konstruktif secara kritis secara beretika. Itu komitmen PAN dari awal dan itu sudah disampaikan oleh pak ketum,” tuturnya.

Saat dipertegas terkait ke mana arah politik PAN, Eddy mengatakan baik di pemerintahan maupun oposisi sama-sama terhormat. Yang penting bagaimana pengabdian yang dilakukan oleh PAN itu dirasakan oleh masyarakat.

Sementara, Waketum PAN Bara Hasibuan menyatakan, pernyataan Amien Rais terkait nasihat agar PAN sebaiknya tetap menjadi oposisi dianggap belum satu suara.

Baca juga : Wali Kota Cilegon Dukung Benyamin Jadi Wali Kota Tangsel

Pasalnya, keputusan resmi akan ditetapkan Rakernas. “Tentu saran dan advice itu kami dengar. Karena nanti DPP PAN dan pengurus wilayah (DPW), akan mengambil keputusan terbaik demi kepentingan partai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.