Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PKS Terus Gencarkan Dialog Kebangsaan Lintas Agama Dan Profesi

Salim Segaf: Butuh Pemimpin Tulus Untuk Bangun Kolaborasi Kebangsaan

Jumat, 12 Agustus 2022 01:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara Dialog Kebangsaan Bersama Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri, di Ballroom Hotel Clarion Makassar, Sulsel, Selasa (9/8).

Acara ini adalah rangkaian dari Program Dr. Salim Menyapa Indonesia di Provinsi Sulawesi Selatan 6-9 Agustus 2022. Dialog lintas agama dan profesi sendiri menjadi acara wajib di setiap kunjungan Salim ke seluruh Indonesia.

Dialog Kebangsaan itu dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Kabinda Sulsel, Ketua MUI Sulsel, Tokoh Lintas Agama, Akademisi, Budayawan dan Seniman.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan pembukaan dengan mengucapkan selamat datang kepada Salim di provinsi tersebut. 

Baca juga : Pakai Wadah Non Plastik Saat Pembagian Hewan Kurban, Kolaborasi KITA Raih Penghargaan MURI

Andi menyambut baik ajakan kolaborasi yang diusung oleh PKS sebagai upaya memajukan pembangunan baik di tingkat nasional maupun daerah. Terutama, di Sulsel..

Andi juga mengapresiasi PKS Sulsel dan para anggotanya yang duduk di legislatif yang telah bekerjasama konstruktif dalam mendukung dan mengkritisi kebijakan Pemerintah Daerah.

Sementara Salim Segaf Aljufri dalam orasi kebangsaannya mengatakan, Sulsel adalah gerbang Indonesia Timur yang bisa membawa kemajuan bagi kawasan dan Indonesia secara nasional.

"Saya sudah berkunjung ke sejumlah wilayah di Sulsel dalam beberapa hari ini. Melihat potensi alam, pertanian, pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif di Sulsel ini luar biasa," pujinya.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pemuda Pancasila Maluku Bangun Narasi Kebangsaan

Salim mengingatkan, jika dikelola dengan baik, dia optimis daerah ini bisa menjadi kunci pertumbuhan ekonomi wilayah. "Bahkan nasional. Tentu bersamaan kesejahteraan rakyat akan terangkat," ungkapnya.

Salim juga berbicara soal kearifan lokal yang diwariskan para leluhur. Menurutnya, hal itu menjadi modal yang sangat luar biasa dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. "Banyak kebaikan ada dalam kearifan lokal kita, semua tinggal kita gali," terangnya.

Menurut Menteri Sosial RI 2009-2014 ini kunci kemajuan bangsa ini ada pada kepemimpinan yang tulus serta memiliki semangat transformasi dan kolaborasi.

Sesungguhnya, kata dia, inilah jati diri dari kearifan lokal bangsa Indonesia, sebagai bangsa yang siap saling membantu dan saling menolong.

Baca juga : Salim Segaf: Seluruh Warga Negara Wajib Menjaga Dan Memajukan NKRI

"Ini merupakan potensi besar yang kita miliki untuk kita realisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," imbuh Salim. 

Indonesia, menurut Salim, membutuhkan pemimpin, pada level apapun, yang tulus mencintai rakyatnya seperti orangtua yang mencintai anak-anaknya dengan karakter yang berbeda-beda.

"Walaupun ada anak-anak nakal, diberikan sanksi secara proporsional untuk mengembalikan dia kepada jati dirinya menjadi warga negara taat hukum dan aturan serta kesadaran untuk berbuat bagi kepentingan orang banyak," tutur Salim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.