Dark/Light Mode

Sebut Bakal Ada Presiden Perempuan Di 2024

Puan Ramalkan Dirinya Sendiri

Sabtu, 27 Agustus 2022 07:37 WIB
Ketua DPR/Ketua DPP PDIP Puan Maharani (Foto: Instagram/puanmaharaniri)
Ketua DPR/Ketua DPP PDIP Puan Maharani (Foto: Instagram/puanmaharaniri)

 Sebelumnya 
Pidato Puan dipuji setinggi langit oleh politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno. Kata dia, pidato Puan itu sangat mencerahkan kaum perempuan. "Pernyataan visioner. Membuka cakrawala bahwa potensi perempuan Indonesia bisa ke arah sana (presiden)," ucap Hendrawan, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Anggota Komisi XI DPR ini melanjutkan, semua manusia punya hak untuk meraih cita-cita. Sekalipun itu butuh perjuangan ekstra keras. "Tidak boleh ada desain persepsi seolah-olah peran perempuan harus dibatasi. Masyarakat tidak boleh menutup peluang kepada potensi-potensi terbaik bangsa," tandasnya.

Baca juga : Teriakan Puan Presiden Menggema Di Acara Bazar UMKM Kreatif Di Tulang Bawang

Sementara, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, ucapan Puan itu sama saja dengan meramal dirinya sendiri. Alasannya, Puan adalah kandidat capres 2024. Sejauh ini, tak ada perempuan lain yang punya peluang maju di 2024 selain Puan.

Apakah ramalan Puan akan terbukti? Ujang belum bisa memprediksi. Namun, dia melihat, Puan akan terus berusaha untuk bisa maju di 2024. "Namanya juga lagi usaha, jadi segala cara dilakukan. Soal nanti memang atau kalah, itu urusan lain," ucap Ujang, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. 

Baca juga : Barang Mati Dihidupkan Lagi

Untuk elektabilitas, sejauh ini, nama Puan masih tercecer di papan bawah. Contohnya, hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Dengan pertanyaan semi terbuka dengan daftar 43 nama, Puan hanya mendapatkan dukungan 1 persen. 

Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) juga menunjukkan data hampir serupa. Dari 15 nama yang disurvei, Puan berada di posisi ke-12.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.