Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Umumkan 9 Bakal Capres

PAN Bukan Cuma Dompleng

Sabtu, 3 September 2022 08:00 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) telah mengumumkan sembilan nama tokoh yang diusulkan sebagai bakal calon presiden dalam Rapat Kerja Nasional Sabtu (27/8). Strategi ini bukan upaya mendompleng suara.

“Untuk meraih suara, kita sudah solid dan memanaskan mesin partai menghadapi Pemilu 2024. Ini kan hanya usulan dari kader di bawah,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Zul Banyak Tebar Jala

Dijelaskan, sebenarnya, ada puluhan bakal calon yang diusulkan melalui forum Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PAN seluruh Indonesia. Namun, nama-nama itu dikerucutkan. “Akhirnya, DPP PAN menetapkan sembilan nama bakal calon yang akan diusulkan di Pilpres 2024. Jadi ini usulan dari bawah. Bukan obral nama,” tambahnya.

Banyaknya nama usulan bakal calon ini tak akan mengganggu soliditas internal PAN, maupun soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di mana partai berlogo matahari itu bergabung bersama Golkar dan PPP. “Tidak mempersoalkan sembilan nama yang kita usulkan,” bebernya.

Baca juga : Jangan Panik, Jokowi: Penularan Cacar Monyet Bukan Lewat Droplet

Pentolan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini menegaskan, klaster yang utama dari sembilan nama calon PAN, justru dari kader terbaik partai KIB.

Artinya, tetap munculnya nama kader partai ini membantah anggapan yang menyebut kaderisasi partai politik lemah. Namun demikian, PAN juga berusaha menampung suara yang mengusulkan kader eksternal yang berprestasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.