Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Ini Umumkan Bakal Cagub Banten

PKS Kantongi Tiga Nama

Minggu, 7 Agustus 2022 07:45 WIB
Ketua DPW PKS Provinsi Banten Gembong R Sumedi. (Foto: Dok. PKS)
Ketua DPW PKS Provinsi Banten Gembong R Sumedi. (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Banten percaya diri alias pede menatap gelaran Pilkada 2024. PKS mengaku, sudah mengantongi sejumlah nama yang siap dimajukan di Pilkada Provinsi Banten.

Ketua DPW PKS Provinsi Banten Gembong R Sumedi menyampaikan, setidaknya ada tiga nama yang sudah dikantongi dan digadang-gadang bakal maju Pilkada Banten.

“Nanti kami akan rilis, Minggu 7 Agustus 2022, siapa saja nama-nama yang diusung PKS Banten untuk bakal calon kepala daerah,” ujar Gembong di laman resmi PKS.

Gembong menyampaikan, sebagai partai politik, wajar PKS punya mekanisme tersendiri dalam proses pengusulan nama cagub ataupun cawagub.

Baca juga : Lestari: Kewajiban Pendaftaran PSE Untuk Lindungi Warga Negara

Di PKS, untuk mengusung bakal calon kepala daerah, di antaranya harus malalui Rapat pimpinan Wilayah (Rapimwil) lalu direkomendasikan ke DPP.

“Keputusannya tetap dari DPP,” jelasnya.

Gembong juga menyampaikan, PKS juga akan tetap melihat dinamika politik, utamanya dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, yang akan digelar lebih dahulu dari Pilkada. Sebab itu, dia sangat berharap PKS juga memperoleh kursi yang maksimal di tingkat DPRD.

“Pilkada kita ini batasannya hasil Pemilu. Ketika hasil Pemilu, PKS bisa mengusung calon sendiri, kami upayakan kader PKS maju sebagai kepala daerah,” ucapnya.

Baca juga : PKS Bentuk Tim Lampung

Soal koalisi, Gembong mengatakan, tidak menutup kemungkinan untuk kembali bersama-sama dengan Partai Demokrat.

Sementara, Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) DPW PKS Provinsi Banten, Sanuji Pentamarta meyakini, PKS dapat lebih berperan penting guna kepentingan masyarakat Banten. Di antaranya, menjadikan kader terbaik untuk mendukung kekuasaan baik di gubernur maupun bupati dan wali kota di Banten.

Sanuji berharap, PKS memiliki kursi gubernur dan sejumlah bupati dan wali kota. Apalagi posisi PKS sudah 3 besar di Pileg.

“Targetnya, kabupaten dan kota punya kepala daerah. Tokoh partai dan mesin PKS,” katanya.

Baca juga : Airin Dipuji Mantan Anak Buah

Seperti diketahui, PKS Banten menargetkan 20 kursi DPRD Banten yang sebelumnya hanya 11 kursi. PKS juga ingin menjadi pemenang dalam Pilgub Banten dengan cara mengambil kursi gubernur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.