Dark/Light Mode

Ditanya Soal Capres 2024, Paloh Bikin Anies “Salting”

Kamis, 25 Juli 2019 08:06 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Nasdem, di Gondangdia, Jakarta, Rabu (24/7). (Foto:Istimewa)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Nasdem, di Gondangdia, Jakarta, Rabu (24/7). (Foto:Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh bikin Anies Baswedan “salting” alias salah tingkah. Penyebabnya, Paloh blak-blakan menyatakan siap mendukung Gubernur DKI Jakarta tersebut jadi capres di 2024. 

Anies, berdiri di sampingnya, terlihat menahan senyum sambil melirik sana-sini. Blak-blakan Paloh ini disampaikan usai menggelar makan siang bersama Anies, di Kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, kemarin. 

Anies tiba di lokasi sekitar pukul 11.45 siang. Beres makan siang, sekitar pukul 1.50 siang, Anies dan Paloh menemui para wartawan yang sudah menunggu. 

“Kenapa rame-rame sekali di sini?” tanya Paloh. Para wartawan hanya seyum Lalu, Paloh menjabarkan panjang lebar pertemuannya dengan Anies. Paloh menganggap Anies sebagai bagian dari keluarga besar Nasdem. “Seorang Anies Baswedan, ya rumahnya memang dari sini, berangkatnya. Boleh kalian tanya,” ucapnya. 

Baca juga : Pulang Dari Istana Wapres, Maruf Bawa Oleh-oleh Buku dan Jurnal

Paloh mengaku, sebenarnya ingin menggelar pertemuan dengan Anies
sejak lama. Namun karena kesibukan masing-masing, pertemuan baru bisa digelar kali ini. Setelah itu, dia mempersilakan Anies bicara. Anies mengaku, pertemuan itu diisi diskusi santai mengenai perkembangan Jakarta. 

Dia menganggap Paloh sebagai senior. Dia pun menyapa Paloh dengan sebutan, “Bang Surya”. “Saya rasa silaturahmi-silaturahmi seperti ini sangat dibutuhkan. Saya merasakan banyak manfaat setiap kali ngobrol dengan Bang Surya yang pegalamannya luar biasa. Jadi, terima kasih kesempatan silaturahmi Bang Surya dan terimakasih juga untuk semuanya,” ucapnya. 

Seorang wartawan kemudian menyela dan meminta Paloh memberikan saran ke Anies. Di sini, Paloh bilang bahwa Anies memiliki kemampuan sangat besar. Kalau ukurannya 10, saat ini Anies baru mengeluarkan lima. Lima laginya belum. Dia lalu menyebut, Anies sangat dibutuhkan warga Jakarta dan juga bangsa Indonesia. Makanya, dia memberikan dukungan penuh untuk Anies. 

“Doa dan harapan ini mengiringi perjalanan dia agar bisa memberikan satu hal yang lebih berarti bagi kemaslahatan kita sebagai suatu bangsa,” ucap Paloh. “Nasdem mendukung Pak Anies?” potong wartawan lain. “Sudah pastilah dukung Anies,” jawab Paloh. “Secara politik, lahiriyah batiniyah lah dukunganya,” sambung Paloh sambil tertaawa dan melirik ke Anies. “(Mendukung untuk) 2024?” tanya wartawan lagi. “Ya tergantung Anies lah,” jawab Paloh. 

Baca juga : Piala Presiden Mecahin Rekor Rating TV

Kata Paloh, niatnya sudah pasti ada. Dia pun menganggap itu sebagai niat yang baik dan harus terjaga dengan baik. “Insya Allah apabila semuanya berjalan dan sesuai dengan harapan. Insya Allah apabila semuanya seperti apa yang kita harapkan,” tuturnya. 

Saat Paloh bicara hal itu, Anies yang berdiri di sampingnya sambil mendekap buku di perut, spontan mengayun-ayunkan badannya. Matanya melirik ke sana-ke sini. 

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu tampak salah tingkah. Antara senang dan malumalu. Terlihat dari senyumnya yang sumringah, namun berusaha ditahan. Ia cepat-cepat mengatupkan kembali bibirnya rapat-rapat. Meski kemudian tersenyum kembali sambil sedikit membungkukkan badannya. 

Anies tidak memotong ucapan Paloh. Setelah ditanya wartawan, dia baru menjawab. “Saya bilang, lagi ngurus Jakarta,” ucapnya. Di akhir pertemuan, Anies memuji makanan yang disajikan Paloh. “Soal makanan pilihan Bang Surya, selalu luar biasa,” tutupnya. 

Baca juga : Ditanya Anak Dukung Capres Yang Mana

Pertemuan ini pun langsung menjadi pembicaraan para elite politik. Paloh dianggap sudah start untuk 2024 dengan menyatakan dukungan ke Anies. Ada yang mengapresiasi, ada juga yang menyayangkan. 

Melihat kondisi ini, Sekjen Nasdem, Johnny G Plate, langsung memberikan klarifikasi. Dia memastikan, Paloh tak ada niat bicara soal 2024. Yang disampaikan Paloh adalah dukungan agar Anies sukses memimpin Jakarta. 

“Sekarang ini, Pak Jokowi baru terpilih 2019. Baru mau dilantik 20 Oktober nanti. Kamu sudah mau ribut urusan 2024. Loncat-loncat nih. Tapi, karena kamu nanya itu tadi, Bang Surya bilang, ya sebagai gubernur pasti Pak Anies salah satu tokoh dan dia umurnya masih muda,” ujar Plate. 

Mengenai kata dukungan, kata Plate, yaitu agar Anies sukses memimpin Jakarta. “Kerja baik-baik dulu supaya sukses. Karena apa? Tidak boleh gagal di DKI ini. Kalau gagal di DKI, bukan hanya Jakarta yang rugi, RI juga rugi,” sambungnya. [SAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.