Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil IX Provinsi Jateng

Tiga Eks Menteri, Petahana & Mantan Petinju Adu Kuat

Minggu, 23 Desember 2018 16:07 WIB
Sudirman Said (kiri) dari Partai Gerindra, Muhammad Prakosa (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Chris John (kanan) caleg dari Partai Nasdem
Sudirman Said (kiri) dari Partai Gerindra, Muhammad Prakosa (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Chris John (kanan) caleg dari Partai Nasdem

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Tengah (Jateng) layak disebut salah satu dapil neraka. Tensinya panas dan keras. Petahana, mantan menteri, hingga eks petinju adu kuat di dapil dengan cakupan Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes ini.

Sesuai data KPU, ada 104 caleg bertarung di Dapil IX Jateng. Ratusan calon wakil rakyat ini akan berebut 8 kursi DPR. Semua partai menerjunkan jagoannya.

Ada tiga mantan menteri bakal adu kuat dengan caleg lain. Yakni mantan Menteri ESDM, Sudirman Said dicalonkan Gerindra. Mantan Cagub Jateng ini didapuk dinomor urut satu. Gerindra juga menjagokan petahana Mohammad Hekal.

Baca juga : Istri Bupati Dan Mantan Bupati Warisan Kursi Petahana

PDI Perjuangan juga tak mau kalah. Partai pimpinan Megawati ini memasang eks Menteri Pertanian, Muhammad Prakosa di nomor urut 1. Di nomor urut dua dipasang politisi senior PDIP Dewi Ariani.

Begitu pula dengan PKS mencalonkan mantan Menteri Pertanian era SBY, Suswono. Di dapil ini Suswono ditemani caleg incumbent PKS Abdul FIkri Faqih.Partai lain tentu  mengantisi¬pasi manuver eks menteri itu. PKB misalnya, menurunkan petahana Bachrudin Nasori di nomor urut 1.

Bachrudin bakal ditemani Wasekjen PBNU, Andi Najmi Fuadi. Partai Golkar juga menurunkan tokohnya, Agung Widiantoro.Nantinya, Agung akan ditemani caleg yang juga mantan Bupati Tegal, Fatchuddin.

Baca juga : New Comer Berburu Kursi Romy Dan Taufik Kurniawan

Partai Nasdem tidak mau kalah dengan partai besar. Me reka bermanuver dengan menurunkan mantan petinju internasional, Christian John alias Chris John. Di Dapil IX Jateng ini, “Si Dragon” julukan Chris John akan ditemani Ketua DPD Partai Nasdem Brebes, Sonny Partono.

Partai anyar, Perindo juga coba menarik perhatian pub¬lik dengan menurunkan caleg muda, Valencia Tanoedoesdibjo. Putri dari Ketum Perindo Harry Tanoesoedibjo ini mendapat nomor urut 1.

PPP juga tidak mau kecolongan. Partai Kabah ini menurunkan Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid. PAN juga bermanu¬ver. Selain menurunkan petahana Teguh Juwarno, PAN menambah amunisi dengan menurunkan mantan aktivis Muhammadiah, Ma’mun Murod Albarbasy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.