Dark/Light Mode

Punya Selera Capres Yang Sama

Mega Dan Jokowi Sulit Dibenturin

Sabtu, 5 November 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers)
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
“Saya selalu ngomong, kalau Pak Jokowi dengan Bu Mega enggak akan beda. Nanti ketemu,” ujar Bambang, di Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menilai, narasi perbedaan antara Jokowi dan Mega hanya berasal dari luar yang tak memahami kultur PDIP. Sejumlah kader Banteng muncul di bursa Pilpres 2024. Paling santer, Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga : PKS Sama Saja Bunuh Diri

Diamininya, PDIP tidak terlepas dari dinamika internal. Namun, hingga akhirnya akan beres jika titah atau intruksi dari Ketum Megawati sudah turun. Contohnya, ketika partainya menjagokan Basuki Tjahaja Purnama di Pilgub DKI 2017.

“Walaupun antar komandan lapangan pada bentrok, itu nanti balik perintah ketum lagi. Bagaimana Ahok di jakarta ke­marin. Perintah lurus semua,” kenangnya.

Baca juga : Sidang Sambo Dilanjutkan

Sementara itu Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi juga yakin. Jokowi dengan Megawati akan memiliki sikap yang sama untuk Pemilu 2024.

Menurutnya, jika ada pihak yang mencoba menjauhkan Jokowi dengan Megawati pasti akan kecewa. Dua tokoh ini, disebut memiliki kesatuan ideologis dan nilai-nilai perjuangan. “Termasuk cara berpikir dan ber­tindak. Beliau-beliau sama dan sebangun,” ujar Budi, kemarin.

Baca juga : Survei SPIN: Capres Yang Lanjutkan Program Jokowi, Paling Diminati

Meski begitu, Budi berpandangan, sebagai Presiden, Jokowi akan netral dalam bersikap soal kontestasi Pilpres 2024. Sementara, arah dukungan pen­dukung, relawan, dan massa garis keras Jokowi akan jelas pada waktunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.