Dark/Light Mode

PDIP Dukung Jokowi Pimpin PBB, Kalau Sudah Pensiun Jadi Presiden

Senin, 14 November 2022 15:44 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan,  Presiden Jokowi pantas didorong sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hal itu disampaikan Said, menanggapi pernyataan Jokowi yang ingin balik kampung ke kota kelahirannya, Solo, setelah tak menjabat Presiden, selepas tahun 2024.

Said menilai, Jokowi telah meninggalkan warisan yang luar biasa terhadap dunia internasional, dengan jaringan yang kuat.

Baca juga : Erick, Kalau Mau Bisa Jadi Bos PSSI

"Karena legacy yang luar biasa, layak sekali bila Pak Jokowi dijadikan Sekjen PBB, jika sudah pensiun sebagai presiden" kata Said di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/11).

Said yang juga Ketua Banggar DPR menuturkan, selama menjabat sebagai orang nomor satu di Tanah Air, Jokowi selalu mendorong pemerintahan yang dipimpinnya, untuk serius menghadapi perubahan iklim.

Contoh konkretnya, pemakaian kendaraan listrik terus digalakkan.

Baca juga : Projo Bisa Berubah Jadi Probo

"Secara konstitusional, per 20 Oktober 2024, Pak Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden dengan legacy yang luar biasa," ucap Said.

Sekadar latar, keinginan Jokowi untuk pulang kampung, diungkap Presiden ke-7 RI itu dalam wawancara eksklusif dengan The Economist, dan ditayangkan melalui kanal YouTube media Inggris tersebut, Minggu (13/11). 

"Saya akan kembali ke Solo, sebagai rakyat biasa," ungkap Jokowi, ketika ditanya soal rencana, bila sudah tak lagi menjabat presiden. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.