Dark/Light Mode

Paling Difavoritkan

Erick, Kalau Mau Bisa Jadi Bos PSSI

Senin, 14 November 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN, Erick Thohir paling difavoritkan masyarakat untuk menjadi Ketum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Pengalaman dan jaringan Erick di dunia olah raga dan sepak bola, sudah tidak diragukan lagi. Erick akan lebih mudah menduduki kursi bos PSSI. Masalahnya, apakah Erick mau?

Tingginya dukungan publik pada Erick menjadi Ketum PSSI itu, bisa dilihat dari survei terbaru yang dilakukan lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dipimpin Doktor Burhanuddin Muhtadi. Survei bertajuk “Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI” ini, digelar pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka. Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan margin of error survei plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Maruarar Sirait Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

Hasilnya, dalam sejumlah simulasi, baik delapan nama semi terbuka, tiga nama, atau dua nama, Erick selalu menempati posisi tertinggi yang diinginkan responden untuk memimpin PSSI.

Kata Burhanuddin, Erick mendapat dukungan terbanyak yaitu 24,1 persen. Erick melampaui tokoh lain seperti Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyalla, hingga Ratu Tisha. “Najwa Shihab nomor dua 10,4 persen, tapi selisihnya signifikan dibanding peringkat pertama,” kata Burhanuddin, dalam paparannya secara daring, kemarin.

Baca juga : Kerja Sama Indo-Pasifik Dikuatkan, Jokowi Ajak Kanada Jadi Mitra ASEAN

Menurutnya, dukungan terhadap Erick berdasarkan pilihan tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olah raga, di tiap kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas. “Menurut warga, Erick merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan. Erick cukup menonjol dibandingkan sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri,” ucapnya.

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019, Maruarar Sirait setuju dengan Burhan. Kata dia, Erick memang cocok menggantikan Iwan Bule. Alasannya, Erick punya integritas dan profesional. “Dia juga senang bola,” kata Ara--sapaan Maruarar, saat menghadiri rilis survei Indikator, kemarin.

Baca juga : Netizen: Pak Erick Thohir Cocok Jadi Ketum PSSI

Ara pernah bekerja sama dengan Erick dalam mengelola sepakbola Indonesia. Dalam gelaran Piala Presiden, Erick pernah dipercayai menjadi ketua organizing committee (OC). Bersama Erick, Ara berhasil menyelenggarakan kompetisi yang profesional, tanpa menggunakan dana APBN dan BUMN. Ara optimistis wajah sepakbola Tanah Air akan mengalami perubahan jika PSSI dipimpin Erick. Ia berharap kepengurusan PSSI, terutama pengelolaan sepakbola Indonesia, bisa transparan. “Pilih Ketum PSSI yang mau terbuka, transparan. Buat laporan tiap bulan, uang masuk dan keluar,” imbaunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.