Dark/Light Mode

Airlangga Sukses Kembalikan Kekuatan Politik Golkar 

Selasa, 6 Agustus 2019 13:17 WIB
Airlangga Hartarto (Foto: Istimewa)
Airlangga Hartarto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski pada Pemilu 2019 Partai Golkar tak menjadi pemenang utama, tapi di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, partai berlambang beringin itu dinilai kembali menunjukkan kekuatan dengan meraih suara terbilang besar. Buktinya, Golkar mampu meraih jumlah kursi DPR kedua. Hanya kalah oleh PDIP.

Kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar ini bisa dibilang mampu membalikkan keadaan di Pemilu 2019. Apalagi dalam periode 2014-2019 lalu, Golkar menghadapi turbulensi politik yang luar biasa besar.

Pengamat politik dari Universitas Bung Karno, Cecep Handoko, menilai, trubulensi yang terbawa dari kasus Setya Novanto bisa distabilkan oleh Airlangga Hartanto. Golkar justru bisa meraih jumlah kursi DPR kedua.

Baca juga : Di Depan JK, Kosgoro Dukung Airlangga Kembali Jabat Ketum Golkar

"Kita tahu, sebelum Airlangga menjabat, (Golkar) memang sangat mencekam. Yang pada akhirnya membuat Golkar keteteran waktu itu," kata Cecep, Selasa (6/8).

Kata Cecep, kepemimpinan Airlangga tidak terlalu lama setelah Setya Novanto, yang tersangkut kasus korupsi e-KTP. Namun, hal itu tak menghalangi kesuksesan Airlangga. Meski dengan waktu yang singkat, Golkar Airlangga mampu membawa Golkar kembali stabil. Riak politik internal tidak ada.  

Terkait dengan Munas Golkar tahun ini, Cecep melihat Airlangga berpeluang besar untuk kembali memimpin Golkar. Sebab, dari sisi internal, Airlangga sangat kuat. Dari sisi dukungan pemerintah, Airlangga juga kuat.

Baca juga : Airlangga Mampu Kembalikan Kekaryaan Golkar

"Airlangga lebih berpeluang. Apalagi Airlangga lebih lebih loyal," kata dia.

Untuk itu, saran dia, Golkar jangan terlalu lama dengan polemik yang terjadi menjelang Munas Golkar. Sebaiknya ini segera disudahi. Karena ada sejumlah agenda besar yang dihadapi.

"Saya yakin polemik di internal, tidak akan panjang. Karena mereka akan menghadapi agenda-agenda besar. Airlangga lebih berpeluang," kata dia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.