Dark/Light Mode

Kongres V PDIP 2019, Bali

Diminta Secara Aklamasi Oleh 34 DPD, Megawati Diambil Sumpah Sebagai Ketum PDIP Periode 2019-2024

Kamis, 8 Agustus 2019 21:25 WIB
Megawati Soekarnoputri (kelima kanan) saat membaca sumpah sebagai Ketua Umum PDIP Periode 2019-2014 dalam Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Denpasar, Bali, Kamis (8/8). (Foto: Istimewa)
Megawati Soekarnoputri (kelima kanan) saat membaca sumpah sebagai Ketua Umum PDIP Periode 2019-2014 dalam Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Denpasar, Bali, Kamis (8/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah mendapatkan permintaan secara resmi dari pengurus partainya untuk kembali memimpin partai berlambang banteng moncong putih,  Megawati Soekarnoputri diambil sumpahnya menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024.

Pengambilan sumpah itu dilakukan dalam Rapat Pleno Kongres V PDIP yang dilaksanakan secara tertutup, pada Kamis (8/8) malam.

Baca juga : Didaulat Jadi Ketum Dalam Sidang Tertutup, Megawati Minta Maaf

Awalnya, sidang yang dipimpin Soerjo Respationo itu meminta seluruh pengurus cabang dan daerah menyampaikan sikap dan pandangannya. Pengurus PDIP dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dibagi menjadi sembilan zona. Yakni Sumatera, Sulawesi, Papua, Pulau Jawa dan Bali, Kalimantan, Maluku dan Maluku Utara, Propinsi Aceh, DPLN Zona Eropa dan Amerika Serikat, dan DPLN Zona Asia.

Masing-masing pengurus wilayah pun menyampaikan pemandangannya atas berbagai isu yang dihadapinya masing-masing. Namun, semua selalu memulai dengan keputusan dari pengurus di tiap zona, untuk meminta dan menyetujui agar Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai untuk periode 2019-2024.

Baca juga : Mega Resmi Jadi Ketum PDIP Lagi

Setelah itu, Soerjo lalu menyatakan keputusan bahwa seluruhnya menyetujui keputusan itu. Dan meminta agar Megawati Soekarnoputri bersedia diambil sumpahnya menjadi ketua umum.

"Apakah Ibu Megawati Soekarnoputri bersedia untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024?" tanya Soerjo. "Ya, saya bersedia," jawab Megawati.

Baca juga : Kehadiran Prabowo Di Kongres Untuk Membangun Indonesiaā€ˇ Raya

Setelahnya, Megawati menyampaikan sumpahnya sebagai ketua umum. Pengambilan sumpah itu selesai, Megawati lalu diminta untuk menyampaikan pidatonya. "Terima kasih, saya telah mendapat tugas berat disuruh lagi menjadi Ketua Umum PDIP. Meskipun berat sekali, tapi saya berpikir ini demi kepentingan bangsa dan negara. Dan Alhamdulillah saya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD, dan sekarang dengan penuh penghormatan dan kehormatan dipilih oleh utusan partai di dalam bagian AD/ART kta yaitu sebuah institusi tertinggi partai yg namanya kongres partai yang kelima," ucap Megawati mengawali pidatonya.

"Dengan segala hormat tugas ini saya terima," lanjut Megawati yang langsung mendapat applause dari seluruh peserta kongres. Setelah berpidato, Megawati pun menerima ucapan selamat dari sejumlah kader, dan menyediakan waktu untuk meladeni permintaan swafoto alias selfie. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.