Dark/Light Mode

Lolosnya Partai Ummat Bisa Usik PAN Di Pemilu 2024

Rabu, 4 Januari 2023 14:05 WIB
Bendera PAN dan Partai Ummat. (Foto: Istimewa)
Bendera PAN dan Partai Ummat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Ummat telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU dan sah menjadi peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 24. Lolosnya Partai Ummat ini diprediksi mengusik partai politik lain, khususnya PAN

Menurut analis politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif, hadirnya partai politik baru, secara tidak langsung akan meningkatkan persaingan politik dalam merebut nilai ambang batas parlemen. Tingkat kompetisi pun akan semakin sulit.

Baca juga : Ganjar Di-KO Banjir

Ikhwan menerangkan, Partai Ummat mempunyai kemiripan basis suara dengan PAN, karena sosok Amien Rais. “Karena masih ada anggapan bahwa di kalangan pemilih mereka melihat PAN itu ada karena faktor Amien Rais meskipun ketua umumnya sekarang Zulkifli Hasan,” ucapnya, Rabu (4/1).

Dengan kondisi ini, sambung Ikhwan, lolosnya Partai Ummat yang didirikan Amien Rais bisa mengusik posisi PAN. "Karena ada sosok Amien Rais yang juga sebagai pendiri PAN," imbuhnya.

Baca juga : Jika Benar, Ngeri Sekali Pemilu 2024

Ikhwan melihat, Partai Ummat akan menjadi ancaman baru bagi PAN dalam upaya mendapatkan kursi maksimal atau bahkan untuk lolos ke Senayan. "Karena dalam partai politik kekuatan figur politik sangat penting, apalagi Amien Rais sama-sama sebagai pendiri kedua partai tersebut. Partai Ummat bisa mengambil ceruk suara dari pemilih PAN yang dulunya loyal terhadap Amien Rais. Meskipun porsinya sedikit, paling tidak bisa mengguncang PAN " ujar Ikhwan.

Sebelumnya, Amien Rais, yang menjabat sebagai Ketua Majelis Syura DPP Partai Ummat, menyampaikan bahwa partainya tidak akan mencari musuh dalam gelaran Pemilu 2024. Partai bentukannya itu justru ingin mencari kawan seide.

Baca juga : Presiden Targetkan Enam Bendungan Di NTB Kelar 2023

"Saya mengatakan di sini, insya Allah Partai Ummat tidak akan mencari musuh atau lawan. No, never," kata Amien, saat konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.