Dark/Light Mode

Pakde Karwo Bernaung Di Bawah Beringin

Bintang Sembilan Pede Tetap Menang Di Jatim

Sabtu, 7 Januari 2023 08:00 WIB
Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo bergabung kembali ke Partai Golkar. (Foto: Istimewa)
Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo bergabung kembali ke Partai Golkar. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lalu bagaimana tanggapan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lewat salah satu petingginya, Daniel Johan, mengaku sama sekali tak khawatir. Dikatakan, pemilih Partai Golkar dan PKB segmentasinya cukup berbeda.

“Mungkin beliau akan meng­gerus suara partai lain. Tapi sepertinya PKB akan tetap aman dan juara di Jatim. Apalagi kini konsolidasi semakin solid,” kata Daniel Johan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pakde Karwo Bakal Dongkrak Elektabilitas Golkar Di Jatim

Berdasarkan data yang dike­tahui dari berbagai lembaga survei, PKB juara di Jatim. Ini, kata Daniel, karena komunikasi kader partai berlogo bintang sembilan mengitari bumi itu dengan basis-basis pesantren dan nahdliyin terus terjaga.

“Anggota legislatif di Jatim itu sangat merawat nahdliyin di semua dapil. Datang tak hanya saat mau Pemilu. Sepanjang waktu komunikasi dengan kiai dan tokoh juga program menyasar mereka. Selain tentu juga terus merangkul dari kelompok lainnya,” sebutnya.

Baca juga : Bintang Sembilan Apresiasi Ajakan Gabung NasDem

Sebelumnya, Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengaku, belum menerima surat pengunduran diri dari Mantan Gubernur Jatim Soekarwo dari Partai Demokrat.

Pakde Karwo sudah memban­tah pernyataan ini. Dia menegas­kan, telah mengirimkan surat pengunduran dirinya ke Ketua Umum Partai Demokrat, Juni 2019. “Sudah saya kirim dan saat itu sudah dijawab Ketum dan Sekjen Partai Demokrat yakni Pak SBY dan Pak Hinca,” kata Pakde Karwo.

Baca juga : Indra Karya Garap Bendungan Kering Pertama Di Indonesia

Diketahui, Pakde Karwo kini masuk di jajaran kepengurusan Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. Bergabungnya pria kela­hiran Madiun tersebut terungkap berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 2 SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 tanggal 22 November 2022.

Isi surat keputusan tersebut yaitu, susunan Dewan Pakar DPP Partai Golkar masa bakti 2019-2024 hasil perubahan. Yaitu, mengangkat Soekarwo se­bagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar saat ini adalah Agung Laksono. Pakde Karwo sebelumnya Ketua Partai Demokrat Jatim periode 2010-2015 dan 2016-2020. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.