Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Politik Kudu Waspada

Awas, Salah Langkah Demokrat Tenggelam

Sabtu, 14 Januari 2023 08:00 WIB
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin. (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat bakal menjalani ujian konsistensi perjuangannya tahun ini. Jika salah langkah, partai berlambang Mercy itu bisa tenggelam di Pemilu 2024.

“Kalau mau naik, ya konsisten sebagai oposisi. Jika tidak, bisa seperti Prabowo yang ma­suk Pemerintahan, dibenci dan ditinggalkan pemilihnya,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dosen Universitas Al Azhar Jakarta itu memprediksi, bisa saja Demokrat digoda menjadi menteri pada reshuffle kali ini. Jika langkah itu diambil, Demokrat bakal tenggelam di pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Peran Prananda, Puan Dan Sikap Pencapresan

Sebaliknya, jika konsisten menjadi oposisi, bisa meroket. Tergantung komposisi peta per­tarungan di Pilpres 2024.

Misalnya, ketika duet Anies-AHY menjadi kenyataan. Sontak, menjadi berkah Partai Demokrat. Tidak hanya suara partai meroket, duet ini jika menang, bisa mengembalikan masa kejayaan partai sebelum era Jokowi.

Asumsinya, konsistensi opo­sisi PDIP di Pemerintahan SBY, membuat partai ini tampil sebagai pemenang dan menguasai Pemilu 2014 dan 2019.

Baca juga : Ciptakan Tahun Politik Yang Damai, BNPT Perkuat Wawasan Kebangsaan

“Demokrat kalau ingin naik, konsisten sebagai oposisi. Masuk kabinet, ya jeblok suaranya,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerukan seluruh kader untuk mengisi tahun politik ini dengan energi, kekuatan, dan semangat baru memperjuangkan perubahan dan perbaikan bagi rakyat Indonesia.

Asumsinya, tahun ini adalah kick off untuk meraih kemenangandi Pemilu 2024. Beragam strategi dan taktik menuju pesta demokrasi mendatang telah di­rumuskan. Pesannya, para kader diminta tetap istiqomah menga­wal demokrasi dan menjaga nalar kritis untuk kemajuan bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.