Dark/Light Mode

Mau Usung Kader Di Pilkada Se-Kaltim

Demokrat Geber Perolehan Pileg

Minggu, 29 Januari 2023 07:35 WIB
Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kaltim Irwan. (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kaltim Irwan. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membocorkan seluruh target perolehan kursi Dewan pada gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Seluruh kader partai berlam­bang Bintang Mercy itu diminta merelisasikan target Pileg yang telah ditetapkan. Pasalnya, target tersebut berkaitan erat dengan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kaltim 2024.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kaltim Irwan mengatakan, sejak awal pihaknya sangat menyadari hasil Pileg 2024, akan memberi pengaruh besar terhadap kontesasi Pilkada. Karenanya, DPD Partai Demokrat Provinsi Kaltim mendorong se­luruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Kaltim, menambah pundi-pundi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Secara rinci, pada level provinsi, Demokrat mengincar delapan kursi DPRD Provinsi Kaltim. Sementara, di tingkat Kabupaten dan Kota, mengincar enam kursi Dewan di Kota Samarinda, lima kursi di DPRD Balikpapan, dan lima kursi di DPRD Penajam Paser Utara (PPU).

Baca juga : Anies Bisa Lepas Dari Pelukan Paloh

Selain itu, lanjut dia, Demokrat mengincar tujuh kursi di DPRD Paser, enam kursi di DPRD Kutai Kartanegara, dan empat kursi di DPRD Kutai Barat.

Kemudian, pihaknya menargetkan memperoleh empat kursi di DPRD Mahakam Ulu, enam kursi di DPRD Kutai Timur, serta empat kursi di DPRD, dan tiga kursi di DPRD Bontang.

Jika seluruh kursi legislatif itu terpenuhi, target Demokrat untuk memenangkan Pilkada di tingkat Provinsi, serta Kabupaten dan Kota, juga bisa terealisasi.

“Kalau kami melihat angka dan hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas. Seluruh target yang kami tetapkan sangat rasional untuk dicapai, dengan dukungan seluruh DPC Partai Demokrat se-Kaltim,” tegas Irwan.

Baca juga : Mahfud Uraikan Pemikiran Mbah Hasyim Soal Jihad Pertahankan Keutuhan Bangsa

Lebih lanjut, dia meminta, seluruh kader Demokrat yang sudah duduk di legislatif tidak ragu menyampaikan seluruh hasil kerja keras dan perjuangan mereka bagi masyarakat. Sebab, kata dia, seluruh warga Kalsel berhak dan wajib mengetahui tentang apa yang sudah diper­buat dan diperjuangkan anggota legislatif dari Demokrat.

“Tuhan maha tahu. Tapi, masyarakat juga harus tahu apa yang sudah diperbuat oleh Demokrat. Jadi, mereka mengetahui kalau kita telah berbuat dan berjuang untuk masyarakat,” cetus dia.

Soal target di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, Irwan mengatakan, pihaknya bertekat memasangkan bakal calon presiden (capres) dari Partai NasDem Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dia menegaskan, jika pasangan tersebut maju dengan koalisi Partai NasDem dan PKS, pihaknya akan meme­nangkan duet Anis-AHY di Provinsi Kaltim.

Baca juga : Gerindra Pengennya Usung Orang Dalam

“Demokrat Kaltim akan me­nyumbang satu juta suara, untuk memenangkan Pilpres 2024. AHY figur muda yang sangatpotensial, serta telah teruji memimpin dan membangun Partai Demokrat. Beliau telah menghadirkan banyak peruba­han dalam memperjuangkan aspirasi rakyat Indonesia,” jelas dia.

Menurutnya, AHY merupakan figur tegas, berwibawa, bersih, in­ovatif dan merakyat. Karenanya, banyak pihak meyakini, sosok kaum muda dari Partai Demokrat ini, bisa membawa perubahan bagi kemajuan Indonesia.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bontang Amriadi mengatakan kesanggupannya memenuhi target per­olehan kursi Dewan, yang telah ditetapkan. Bahkan, pihaknya bertekat memperoleh sebanyak empat kurai DPRD, atau me­lebihi target yang telah ditetap­kan DPD Partai Demokrat Provinsi Kaltim.

“Kami optomistis bisa mem­peroleh empat kursi Dewan, bukan tiga kursi. Target realistis, masing-masing satu kursi dari seluruh daerah pemilihan, tapi masih bisa optimalkan untuk mendapat empat kursi DPRD Bontang,” ujar Amriadi. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.