Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ulama Desak Deklarasi Capres Cawapres KIR

PKB Ingin Kepastian

Sabtu, 4 Februari 2023 07:55 WIB
Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid. (Foto: Facebook)
Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para ulama yang mengikuti rangkaian Ijtima Ulama Nusantara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang kini masuk putaran wilayah Jakarta, sudah tak sabar menunggu pengumuman capres cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Raya (KIR).

Mereka meminta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto segera mendeklarasikan pasangan capres-cawapres.

“Itu menunjukkan para ulama, kiai, tidak sabar berjuang untuk mensosialisasikan pasangan yang akan diusung oleh KIR yang digagas PKB dan Gerindra,” kata Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid usai Ijtima Ulama PKB Jakarta di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Baca juga : Maunya Imin Belum Klop Dengan Prabowo

Bahkan, para kiai di Ijtima Ulama PKB, memberi tenggat waktu pengumuman deklarasi hingga Maret.

“Itu permintaan para kiai, ulama, habaib kepada Gus Muhaimin agar punya kepastian sampai Maret, kenapa? Karena siap-siap lebih lama itu lebih bagus,” beber pria yang akrab disapa Cak Udin ini.

Keinginan pengumuman res­mi capres cawapres KIR Maret ini, lanjut Cak Udin, juga sudah dikomunikasikan ke Cak Imin dan Prabowo.

Baca juga : KIB Segera Matangkan Capres Cawapres 2024

“Nanti kita tunggu saja, Maret ada apa,” ungkapnya, memberi teka-teki.

Seperti diketahui, sampai saat ini Gerindra-PKB belum mengusung resmi capres cawapres 2024. Meski sudah meneken kerja sama koalisi sejak tahun lalu hingga meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber).

Sementara, Ijtima Ulama Jakarta yang juga lanjutan dari Ijtima Ulama di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan yang diinisiasi PKB, menghasilkan sembilan poin rekomendasi.

Baca juga : Bakal Bahas Capres Cawapres, Pengamat: KIB Koalisi Paling Solid

Juru Bicara Ijtima Ulama Jakarta KH Makmun Soleh menyebutkan, antara lain, men­jadikan Ijtima Ulama Jakarta sebagai forum komunikasi para ulama, kiai, habaib, maupun bu nyai menjalankan politik kebangsaan, kerakyatan, dan etika berpolitik sebagai gagasan utama dalam merawat masa depan Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.