Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Urusan Pilihan Cawapres

Demokrat Nilai Kriteria Anies Klopnya Sama AHY

Kamis, 16 Februari 2023 07:55 WIB
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Dok. Partai Demokrat)
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Dok. Partai Demokrat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat meyakini, Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Pilpres 2024. Semua kriteria yang disampaikan Anies, dianggap sudah dipenuhi.

“Kita konsisten. Seluruh kader menghendaki Ketum AHY men­jadi Cawapres Anies di Koalisi Perubahan. AHY itu paket komplit,” ujar Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, sosok pemimpin muda kharismatik yang dapat merangkul suara milenial, AHY juga memimpin partai yang besar di kantong suara rakyat, khususnya Jawa Timur.

Baca juga : Demokrat Kawal Terus Putusan MK

Selain itu, di Jawa Timur, pengaruh founding father Demokrat, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menurutnya masih sangat kuat. Hal ini, dibuktikan dengan adanya sosok Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Dardak yang merupakan salah sa­tu kader terbaik Partai Demokrat.

Belum lagi, kepemimpinan AHY yang sukses melindungi partai dari upaya Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang mem­buat leadership AHY secara or­ganisasional tidak perlu diragu­kan. Terlebih, komposisi Koalisi Perubahan bersama Demokrat, PKS dan NasDem, bisa mem­berikan kemenangan.

“Sejumlah survei juga men­catat partai kami di tiga besar. Ini buah konsistensi partai yang berpihak kepada rakyat, dengan keberadaan kami di luar Pemerintahan,” akunya.

Baca juga : Siapkan Pemimpin Masa Depan, Elnusa Gelar Leader Development Program

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PIPSI) ini mengamini, hingga saat ini Koalisi Perubahan belum menentukan cawapres. Posisi ini, diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk memilih siapa pendampingnya di pesta demokrasi mendatang.

Sejumlah kriteria sempat disampaikan Anies kepada publik. Intinya, bisa memperkuat koalisi untuk perubahan Indonesia. Nah, Partai Demokrat dijamin konsisten memperjuangkan Ketumnya untuk bisa menjadi Cawapres 2024. Menurutnya, keyakinan kemenangan Koalisi Perubahan dengan pilihan duet Anies-AHY bukanlah pepesan kosong. Ditegaskannya, koalisi ini sudah memiliki modal besar menuju pesta demokrasi men­datang.

Misalnya, Koalisi Perubahan saat ini didukung tiga partai na­sional yang konsisten berbicara perubahan. Ditambah, relawan Anies yang tersebar di seluruh Indonesia. “Jangan lupa, relawan AHY juga banyak. Ketum kami mampu membaur dan menyuara­kan kelompok milenial, UMKM, hingga komunitas,” bangganya.

Baca juga : Anies-AHY Senyumnya Lebar Banget

Sebelumnya, Anies sempat mengungkapkan kembali kepa­da publik ihwal kriteria apa yang tepat menjadi pendampingnya di Pilpres 2024. Terbaru, ketika Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menanyakan apa kriteria Cawapres di Pemilu 2024 untuk Anies Baswedan.

Anies pun membeberkan ada lima kriteria cawapresnya. “Satu, teknokratik, bahwa punya kontri­busi siginifikan pada pemenang. Kedua, bisa memperkuat barisan koalisi untuk perubahan. Tiga, bisa membantu menjalankan pemerintahan denganefektif. Itu tiga kriteria, obyektif,” ujar Anies di acara Rakernas I Partai Ummat, di Jakarta.

“Kemudian keempat, adalah memiliki garis perubahan yang sama bahwa ini adalah pasangan yang menawarkan perubahan. Yang kelima, tentu saja kemistri kerja bersama yang solid,” sam­bungnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.