Dark/Light Mode

Bupati Meranti Di-OTT KPK, PDIP Tak Akui Sebagai Kadernya

Jumat, 7 April 2023 18:00 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Ist)
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Meranti Muhammad Adil terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Kamis (6/4) malam.

Wdil disebut sebagai kader PDI Perjuangan. Namun, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat tak mengakui eks anggota DPRD Kepulauan Meranti itu sebagai kader partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

"Yang jelas bukan kader partai (PDIP). Kader partai adalah anggota partai yang sudah mengikuti kaderisasi yang diselenggarakan di tingkatan partai," ujar Djarot kepada wartawan, Jumat (7/4).

Kendati demikian, PDIP mendukung penuh langkah KPK dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Ia menyerahkan sepenuhnya proses hukum Muhammad Adil kepada KPK.

Baca juga : OTT Bupati Meranti, KPK Juga Tangkap Ketua Tim BPK Perwakilan Riau

"Sikap partai jelas dan tegas untuk mendukung KPK dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," tegasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD PDIP Riau, Kaderismanto menyatakan, sampai hari ini nama Muhammad Adil belum terdaftar di kepengurusan maupun anggota DPC Meranti dan DPD Riau.

"PDIP ini online. Kalau keluarkan KTA itu sesuai tingkatan. Kalau dia Meranti, tentu yang keluarkan DPC Meranti. Tapi sejauh ini saya cek ke DPC memang tidak ada," ujarnya.

Kaderismanto mengakui telah mendengar informasi bahwa Adil selama ini mengklaim telah bergabung dengan PDIP setelah keluar dari PKB. 

Baca juga : OTT Bupati Meranti, KPK Amankan 25 Orang, Termasuk Sekda Dan Kepala Dinas

"Kalau kegiatan DPD tidak pernah gabung karena dia bukan kader. Kalau klaim sah-sah saja, foto pakai baju merah biasa. Adil ini tak heran kita dari Hanura, ke PKB sekarang ke kita PDIP. Klaim sudah lama," tutur Kaderismanto.

Sekadar latar, Tim penindakan KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, pada Kamis (6/4) malam.

Salah satu yang diamankan dalam OTT tersebut adalah Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil. Selain Adil, KPK juga mengamankan 24 orang lainnya.

Di antaranya adalah Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Dinas (Kadis) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti, Kepala Tim BPK Perwakilan Riau, hingga pihak swasta.

Baca juga : KPK Duga Bupati Meranti Terima Suap Pengadaan Jasa Umrah

KPK juga berhasil mengamankan uang tunai yang diduga merupakan bukti suap. Uang tersebut saat ini sedang dalam proses penghitungan.

Uang itu diduga berkaitan dengan korupsi pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang Persediaan (UP/GUP) hingga pengadaan jasa umrah.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.