Dark/Light Mode

Ajak Perindo Gabung Koalisi, Kekuatan Prabowo Bisa Makin Besar

Sabtu, 8 April 2023 17:20 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik, Arif Nurul Iman menilai, langkah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengajak Partai Perindo untuk bergabung ke koalisi besar merupakan strategi yang tepat guna memperbesar peluang politik menuju Pilpres 2024.

"Makin banyak dukungan makin besar peluang politik," kata Arif di Jakarta, Sabtu (8/4).

Menurut Direktur IndoStrategi Research and Consulting itu, menjelang Pemilu Presiden 2024, wajar kiranya Prabowo mengajak Partai Perindo atau partai politik lainnya untuk bergabung. Pasalnya, jika mampu merangkul, maka gerbong politik Prabowo semakin mulus menghadapi Pilpres ketika mendapatkan sokongan dari Partai Perindo maupun partai politik lainnya.

Baca juga : Ada Kekhawatiran Air Galon Jadi Mahal Dan Langka

"Ajakan Prabowo ke Partai Perindo untuk bergabung di koalisi besar, tentu itu sebuah kewajaran. Karena dalam politik, semua ingin mendapatkan dukungan yang besar," ungkap Arif.

Namun begitu, kata dia, sebelum ada keputusan resmi, Partai Perindo masih memiliki banyak peluang untuk berkoalisi dengan gabungan parpol lain, tidak hanya koalisi dari Prabowo semata. "Partai Perindo bisa ke mana saja, karena belum ada ikatan politik apapun," tegas dia.

Dikatakannya, dalam menentukan bergabung atau tidak, tentu di balik itu harus ada tawar-menawar antara parpol yang nantinya berkoalisi. "Iya pasti, tawar-menawar soal power sharing politik," jelas Arif.

Baca juga : Libur Idul Fitri, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan JKN Bisa Diakses

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) beserta jajarannya melakukan safari politik politik ke kediaman Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seusai pertemuan tersebut, Prabowo secara terbuka mengajak Partai Perindo untuk bergabung ke dalam koalisi besar menuju Pilpres 2024. Mendapatkan ajakan untuk bergabung, HT memberikan sinyal positif.

HT mengatakan setelah melakukan pertemuan dengan Prabowo, komunikasi akan terus dibangun antara Partai Perindo dan Partai Gerindra.

Baca juga : Tanoe Sambut Baik Ajakan Prabowo Gabung Koalisi Besar

"Bagus sekali, tentunya memang itu substansi penting yang dibicarakan. Jadi ke depan, tentunya nanti dari Partai Gerindra dan dari kami Partai Perindo akan melanjutkan diskusi-diskusi," kata HT.

Dia berharap dengan pertemuan ini, kerja sama politik antara Partai Perindo dengan Partai Gerindra dapat terus berlanjut dan berjalan dengan baik. "Mudah-mudahan ke depan kerja sama politik ini bisa berjalan baik, tentunya untuk kepentingan NKRI," ujarnya.

Sementara itu, Prabowo mengatakan Partai Gerinda akan gembira jika Partai Perindo bergabung dengan koalisi besar untuk Pilpres 2024. "Kami terbuka untuk Perindo kalau mau dukung atau mau gabung dalam koalisi yang besar," kata Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.