Dark/Light Mode

Wacana Putra Jokowi Maju Di Pilkada

PDI Perjuangan Tangsel Siap Dukung Kaesang

Minggu, 7 Mei 2023 07:16 WIB
Kaesang Pangarep. (Foto : MNC)
Kaesang Pangarep. (Foto : MNC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menegaskan, tegak lurus dengan instruksi, perintah dan keputusan partai pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada). Termasuk bila mesti memenangkan Kaesang Pangarep.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangsel, Wanto Sugito menyatakan, seluruh kader PDI Perjuangan di Kota Tangsel siap mendukung dan memenangkan siapapun sosok yang kelak mengantongi rekomendasi pengurus pusat dalam kontestasi Pilkada.

Dia meyakin, pilihan DPP pasti didasarkan pada kalkulasi yang sangat matang. Ia juga mengomentari tentang isu Kaesang maju di Pilkada Tangsel.

Menurut dia, isu tersebut belum terkonfirmasi. Namun, bila DPP memutuskan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu maju di Pilkada Tangsel, seluruh kader akan berjuang untuk memenangkannya.

Baca juga : KPK Segera Jadwalkan Pemanggilan Kadinkes Lampung Reihana

“Kalau memang pilihannya maju di Pilkada Kota Tangsel, tentu kami akan dukung total. Tapi, jika dia direkomendasikan dan diputuskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, agar Kaesang maju di Pilkada Tangsel tahun depan,” ujar Wanto di Tangsel, Banten, kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya tidak mau lebih jauh mencampuri keputusan politik Kaesang. Namun, bila anak ketiga Presiden Jokowi itu menjatuhkan pilihan di Tangsel, ia berharap Kaesang segera membangun komunikasi.

“Pasalnya, komunikasi itu tidak hanya membantu proses kemenangan beliau di Pilkada. Itu bisa membantu raihan target PDI Perjuangan untuk memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) nanti,” jelas dia.

Saat ini, sambung Wanto, pihaknya menganggap kemunculan isu Kaesang maju di Pilkada Tangsel masih sebatas wacana, karena Kaesang belum memberikan konfirmasi. Namun begitu, ia meyakini, peluang Kaesang untuk memenangkan Pilkada Tangsel sangat besar.

Baca juga : Ratusan Petani Tebu Di OKI Bersilaturahmi, Siap Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

“Belajar dari Pilkada lalu, meski kami belum memenangkannya, namun raihan suara calon yang kami usung nyaris mendekati suara terpilih.

Apalagi hadirnya Kaesang yang secara popularitas cukup banyak dikenal orang, saya rasa tidak sulit membantu beliau mendongrak elektabilitasnya di Tangerang Selatan. Tapi, popularitas harus diimbangi elektabilitas,” ucapnya.

Terpisah, Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menilai, seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, berhak untuk ikut kontestasi Pilkada, termasuk Kaesang.

Terpenting, Kaesang memiliki keinginan untuk membangun wilayah kota yang dipimpin dan mensejahterakan rakyat, bukan sekadar memanfaatkan nama besar ayahnya.

Baca juga : PDIP Tana Toraja Masih Nunggu Rekomendasi DPP

“Kaesang harus benar-benar memahami daerah yang akan dipimpin. Dengan begitu, dia bisa mengerti apa yang dilakukan untuk kepentingan wilayah dan masyarakat yang dipimpinnya,” ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.