Dark/Light Mode

Daftarkan 580 Nama Ke KPU

OSO Pastikan Seluruh Bacaleg Hanura Berkualitas

Rabu, 10 Mei 2023 17:04 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan jajaran diterima Ketua KPU Hasyim Asyari saat mendaftarkan Bacaleg DPR RI ke Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (10/5). (Foto: Patra/RM)
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan jajaran diterima Ketua KPU Hasyim Asyari saat mendaftarkan Bacaleg DPR RI ke Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (10/5). (Foto: Patra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memimpin langsung pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) partainya ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (10/5).

Partai dengan nomor urut 10 ini, datang tepat Pukul 10.00 WIB. "Kita serahkan 580 nama untuk 84 daerah pemilihan (dapil) DPR-RI, semuanya lengkap," ujar OSO, saat konferensi pers di Kantor KPU, Rabu (10/5).

Didampingi elit Partai Hanura seperti Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kodrat Shah, Wakil Ketua Umum (Waketum) Benny Ramdani hingga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Akhmad Muqowam, Sang Ketum menegaskan partai menyerahkan nama-nama kader terbaik.

OSO masih merahasiakan siapa di antara nama-nama bacaleg yang dimajukan untuk merebut kursi DPR-RI. Namun, Sang Ketum memastikan memajukan tokoh-tokoh terbaik bangsa. Kisi-kisinya, tidak perlu orang terkenal untuk berjuang memajukan bangsa di parlemen.

Baca juga : KPU Pastikan Sesuai Aturan

"Kita berniat semua yang tampil itu bukan orang terkenal. Kalau tidak berprestasi, buat apa kita pilih. Lebih baik tidak terkenal namun cerdas, berkualitas, dan berpihak kepada Merah Putih," semangatnya.

Intinya, kata OSO, Partai Hanura melirik tokoh yang tidak terlihat secara popularitas, namun memiliki kualitas personal dan loyalitas yang tinggi. Sang Ketum juga menyerukan pesta demokrasi nanti agar bersih dari aksi politik uang yang dianggap merugikan bangsa ini.

Mantan Ketua DPD ini menceritakan bahwa dirinya juga berangkat kelompok orang biasa yang bisa naik ke kancah politik nasional termasuk menjadi Ketum Partai Hanura. Berangkat dari perjalanan inilah, OSO merasa banyak orang berkualitas yang perlu diberikan tempat untuk berjuang.

OSO juga menyebut tidak ada istilah dapil favorit sebagai lumbung suara Partai Hanura. Asumsinya, semua jagoan partai dipastikan menonjol di daerah masing-masing. Pesannya, seluruh dapil harus bisa dimenangkan skuadnya sebagai representasi kemenangan daerah itu sendiri.

Baca juga : Partai Buruh Di Kalsel Ngaku Siap 100 Persen

"Semua dapil harus menang. Semua kan dari daerah, masa ingin daerahnya kalah. Kita tulus saja dengan hati Nurani," katanya.

Menurutnya, Hanura tidak kesulitan dalam menempatkan jagoan di Pileg 2024. Termasuk, dalam urusan memenuhi kuota 30 persen bacaleg perempuan. Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengamini telah menerima berkas bacaleg dari Partai Hanura.

KPU menerima rombongan partai yang dipimpin Ketum OSO di Ruang Sidang Utama Lantai 2, Pukul 10.34 WIB.

"Pada kesempatan ini, dokumen-dokumen persyaratan yang diserahkan kami terima, kami proses," kata Hasyim usai menerima berkas pendaftaran.

Baca juga : Hanura Tak Gentar

Usai tim teknis memeriksa berkas pendaftaran tersebut, lanjut Hasyim, KPU akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bacaleg DPR dari Partai Hanura.

"Secara teknis, nanti tim liaison officer (naradamping) dari Partai Hanura akan berkomunikasi, berkoordinasi dengan tim teknis pendaftaran dari KPU, sehingga nanti dalam tahapan ini kategorinya cuma satu, lengkap atau tidak lengkap," ungkapnya.

Partai Hanura jadi partai kedua yang telah menyerahkan nama bacaleg DPR-RI. Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lebih dahulu menyerahkan nama-nama bacaleg-nya ke KPU pada Senin (8/5). Pendaftaran bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI masih akan berlangsung hingga Minggu (14/5) pukul 23.59 WIB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.