Dark/Light Mode

Pengamat: Duet Ganjar-TGB Saling Melengkapi

Selasa, 13 Juni 2023 18:32 WIB
Bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo bersama Ketua Harian DPP Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi. (Foto: Istimewa)
Bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo bersama Ketua Harian DPP Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Senior PolcoMM Institute, Afdhal Makkuraga menilai, pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi merupakan duet ideal. Ganjar-TGB bisa disebut Duet Merah Putih (Nasionalis-Religius) yang saling melengkapi.

"TGB dapat menutupi celah Ganjar. TGB tokoh religius, dari Indonesia Timur, gubernur dua periode dengan beragam prestasi termasuk pencapaian terbaik pembangunan milenium dari PBB. Ini modal penting untuk memaksimalkan bonus demografi kita," kata Afdhal dalam rilisnya, Selasa (13/6).

Baca juga : Ganjar-TGB Ideal, Duet Nasionalis-Religius

Dikatakan, koalisi PDIP dengan Perindo merupakan koalisi Merah Putih. PDIP yang identik dengan warna merah dan Partai Perindo identik dengan warna putih. "Tetapi, ini bukan hanya simbolisasi. Real merah putih Indonesia," sebutnya.

Lebih lanjut Afdhal menyatakan, kekuatan Indonesia Timur tidak bisa dianggap sederhana. Ini pernah dibuktikan Jusuf Kalla saat Pilpres 2004. JK mampu menambal kekurangan SBY di wilayah Timur.

Baca juga : Demi Cuan, Arab Saudi Kian Merapat Ke China

"Apalagi dari nama nama cawapres yang disodorkan, tak terlihat nama tokoh Indonesia Timur selain TGB. Maka PDI Perjuangan layak memprioritaskan TGB bersama Ganjar," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap TGB Muhammad Zainul Majdi sebagai cawapres Ganjar dari Partai Perindo.

Baca juga : Relawan Kenalkan Ganjar Lewat Pelatihan Memanah Di Palembang

"Sama juga Perindo kemudian juga sempat menyebut TGB. Nama-nama monggo silahkan. Toh nanti rakyat yang akan menilai, rakyat yang akan menentukan yang bisa diukur melalui instrumen elektoral," ujar Hasto, Senin (12/6). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.